Sesuai perkembangan virus corona atau COVID-19 di seluruh 15 Kecamatan se Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (5/10) hingga pukul 18.00 WIB angka yang terkonfirmasi dan yang sembuh terus mengalami pertambahan.

Juru bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Tapanuli Selatan, Sofyan Adil, dihubungi ANTARA, Senin petang mengatakan, pertambahan jumlah terkonfirmasi COVID-19 bertambah 5 orang dalam sehari.

"Total sebelumnya berjumlah 49 orang yang terkonfirmasi naik menjadi 54 orang, diikuti kondisi yang sembuh dari total sehari sebelumnya 27 orang menjadi 30 orang, yang tercatat meninggal tetap dua," bebernya.

Baca juga: Angka terkonfirmasi COVID-19 Tapsel terus bertambah menjadi 49 orang

Pertambahan terkonfirmasi COVID-19 terjadi di Batang Toru dari 24 orang bertambah dua menjadi 26 orang, bahkan Angkola Timur ada pertambahan tiga orang yang terkonfirmasi dari lima menjadi delapan orang.

"Catatan angka-angka ini dari hasil perkembangan upaya pencegahan COVID-19 berdasarkan data Puskesmas dan Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan," tegasnya.

Sementara Marancar (terkonfirmasi 1 sembuh 1), Angkola Barat (terkonfirmasi 2 sembuh 2), Sipirok (terkonfirmasi 4 sembuh 4), Angkola Muaratais (terkonfirmasi 3 sembuh 1, dan meninggal 1), Batang Angkola (terkonfirmasi 3 sembuh 1), Sayur Matinggi (terkonfirmasi 4 sembuh 4), dan Tantom Angkola (terkonfirmasi 1), dan SD.Hole sebelumnya satu menjadi dua orang terkonfirmasi, satu sembuh

"Untuk Aek Bilah, Muara Batang Toru, Angkola Sangkunur, Angkola Selatan, dan Arse mudah-mudahan tercatat nihil suspek, probable, konfirmasi, sembuh/selesai isolasi, dan meninggal," terangnya.

Sesuai data, dari total 703 orang yang kontak erat, untuk Wilayah Batang Toru tercatat yang paling banyak jumlahnya mencapai 500 orang, disusul Batang Angkola (78 orang), Sipirok (45 orang), Sayur Matinggi (40 orang), Angkola Muaratais (20 orang),  Tantom Angkola dan dan SD.Hole masing-msing (10 orang).

"Sedang pelaku perjalanan negara terjangkit/daerah transmisi totalnya berjumlah 4122 orang, yang keluar pemantauan 37 orang," pungkasnya seraya menyatakan Tim GTPP COVID-19 Tapsel terus berupaya mengimbau ke masyarakat protokol kesehatan dengan wajib pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, serta menjaga jarak/menghindari kerumunan massa upaya memutus mata rantai COVID-19.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020