Dandim 0210 TU Letkol Czi Roni Agus Widodo mengatakan, kegiatan pembagian masker kepada masyarakat demi penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 hingga aksi sosial lainnya dilaksanakan seluruh personil pada hari kedua kegiatan TMMD ke-109 di Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbanghasundutan.

"Selain ketersediaan sarana cuci tangan hingga 'hand sanitizer', personil dan masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan TMMD ini juga diwajibkan memakai masker. Sehingga, pembagian masker serta aksi sosial lainnya pun turut dilakukan dalam kegiatan ini," terang Letkol Czi Roni, Rabu (23/9).

Baca juga: Taput jadwalkan tes usap massal untuk 255 nakes

Lembaran masker tak hanya dibagikan kepada masyarakat yang dilibatkan dalam pembangunan jalan, namun masker juga dibagikan kepada ratusan warga setempat.

Menurut Roni, pihaknya tidak menginginkan jika program TMMD yang digelar menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

"Kita tidak mau TMMD jadi klaster penyebaran COVID-19, makanya kita tetap mengedepankan protokol kesehatan bahkan warga kita edukasi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sebagai langkah mencegah dan memutus mata rantai Covid-19," sebutnya.

Baca juga: Sindikat pencuri "satu miliar" di Taput terungkap, ternyata pelaku juga beraksi di 25 titik di Jakarta

Selain kegiatan tersebut, aksi sosial berupa pengobatan bagi warga yang mengalami luka ringan saat beraktivitas di lahan pertaniannya tak luput dari perhatian personil.

"Saat ada warga yang kita ketahui mengalami luka saat beraktivitas di ladangnya, personil kesehatan langsung proaktif memberikan pengobatan analgetik dan antibiotik," terangnya.

"Komunikasi sosial interaktif juga turut diterapkan personil dalam menyapa dan berbaur di tengah masyarakat," imbuh Letkol Roni.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020