Sebanyak 6.903 mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti kegiatan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) Tahun 2020 secara daring selama dua hari, 4-5 September 2020.

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom, SKM, MKes ketika membuka PAMB di Medan, Jumat (4/9), mengatakan mahasiswa baru Unimed telah melalui seleksi yang ketat di tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan seleksi Mandiri.

Ia menyebutkan, di awal masa studi ini, hal penting yang harus diperbuat adalah mengubah mindset diri bahwa mereka bukan lagi siswa, tetapi sudah menjadi mahasiswa.

Baca juga: Rektor Unimed: Era pandemi COVID-19, wisudawan harus miliki kepedulian

Baca juga: Unimed gelar ujian jalur mandiri dua sesi demi cegah COVID-19

"Saudara semua adalah menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang mampu membawa perubahan menuju Indonesia Baru. Dan perguruan tinggi negeri (PTN) ini merupakan kampus terbaik di Provinsi Sumatera Utara," ujarnya.

Syamsul mengatakan, kampus ini merupakan PTN yang pertama meraih Akreditasi "A" di tahun 2016, disusul Universitas Sumatera Utara (USU) tahun 2018 dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) tahun 2019.

Kemudian pada Agustus 2020 ini, Unimed menjadi perguruan tinggi peringkat 39 dari 2.136 kampus yang ada di Indonesia.

"Ribuan mahasiswa Unimed telah berhasil mengukir prestasi tingkat internasional, nasional dan regional.Pada tahun 2019, Unimed meraih prestasi membanggakan di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PINMAS) di Udayana,Bali, karena masuk peringkat 15 besar dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020