Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan bantuan alat kesehatan berupa 20.000 masker dan 180 unit wastafel ke lima kabupaten kawasan Danau Toba. 

Bantuan secara simbolis diserahkan Kepala Kantor Cabang Pematangsiantar Hadeli kepada Bupati Simalungun JR Saragih dan Bupati Toba Darwin Siagian, Kamis (20/8). 

Dirut BPODT Arie Prasetyo, Sekretaris Daerah Simalungun Mixnon Andreas Simamora menyaksikan penyerahan. 

Penyerahan 3.000 masker dan 20 unit wastafel untuk Simalungun dilakukan di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. 

Sedangkan Toba yang memperoleh 3.000 masker dan 50 wastafel, penyerahannya di kawasan wisata Kaldera, Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata. 

Dijadwalkan untuk Samosir, Dairi dan Karo diserahkan Jumat dan Sabtu, 21-22 Agustus 2020.

Diketahui, COVID-19 juga berdampak buruk pada sektor pariwisata, termasuk Danau Toba yang merupakan superprioritas kawasan wisata nasional. 

"Ini bentuk dukungan kami dalam upaya pemulihan wisata Danau Toba di lima kabupaten," sebutnya. 

Bupati JR menyampaikan apresiasi atas bentuk dukungan nyata BTN pada masa adaptasi kenormalan baru di Simalungun, khusus daerah wisata. 

Wastafel nantinya diletakkan di posisi strategis di kawasan wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon dan Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean supaya bisa digunakan pengunjung. 

Harapan ke depan, pengunjung semakin disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk memutus penyebaran COVID-19. 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020