Badan Pusat Statistik Tapanuli Selatan memberikan apresiasi kepada Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu atas capaian target lebih Sensus Penduduk (SP) 2020 secara onilne yang ditutup pada 29 Mei 2020 lalu.

"Peran dan respon bupati dinilai cukup sehingga capaian target SP online melebihi, kami pantas mengucapkan terimakasih," Kepala BPS Tapanuli Selatan Fadjar Wahyu Tridjono kepada ANTARA, usai beraudiensi dengan Bupati di Sipirok, Selasa (7/7).      

Dijelaskannya, hingga masa online SP 2020 di tutup pada 29 Mei 2020 BPS mencatat ada sebanyak 15,14 persen atau 42.438 jiwa (9.903 keluarga) dari total jumlah penduduk Tapanuli Selatan yang melakukan SP secara online dari yang ditargetkan 8 persen.

Baca juga: BMKG serahkan buku 'Wajah Tektonik Sumbagut' kepada Bupati Tapsel

"Sejak 15 Februari 2020 SP online dilaunching secara nasional Pak Bupati cukup gencar mengimbau pemangku kepentingan untuk mengajak masyarakat di 15 kecamatan yang ada di wilayah ini agar melakukan pengisian SP 2020 secara online," ungkapnya.

Turut hadir dalam audiensi sore hari itu Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Dr Syech Suhaimi, SE, M.Si yang dalam kesempatan ini memperkenalkan pengganti Kepala BPS Tapanuli Selatan yang baru Hendra, SE yang sebelumnya menjabat Kepala BPS Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan mengucapkan selamat datang atas kehadiran rombongan Kepala BPS Provinsi Sumut dan BPS Tapanuli Selatan dengan harapan sinergitas yang sudah terbangun baik selama ini tetap terjaga dan bahkan ditingkatkan.

"Bupati juga berpesan agar setelah BPS dijabat pejabat baru (Hendra) nantinya dapat bekerjasama dalam rangka menyukseskan SP 2020 tahap II dengan sistem wawancara. Termasuk perbaikan data penduduk," ungkapnya.

Bahkan Bupati juga menyatakan kesiapan pihaknya dengan melibatkan seluruh stakeholder hingga ke tingkat desa untuk membantu pihak BPS dalam menjalankan tugasnya melakukan SP 2020 dengan tahapan wawancara yakni mulai dari tanggal 1 September hingga 30 September 2020 mendatang.

Bupati dalam audiensi itu turut didampingi oleh Asisten II Ekbang Moh Said, Kadis Kominfo Inganan Dalimunthe, Kepala Bappeda Abadi Siregar, Kepala BPKPAD M Frananda, Koordinator Staf Ahli Saulian, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020