Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara mengumumkan hingga Senin (11/5) terjadi lonjakan signifikan jumlah pasien positif terpapar virus corona di wilayah tersebut.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan, menyebutkan, ada penambahan 17 orang yang dinyatakan positif COVID-19 sehingga total menjadi 196 orang.
 
Ke-17 pasien baru yang positif COVID-19 ini masing-masing 8 orang berada di Kota Medan, 2 orang di Kabupaten Deli Serdang, 1 dari Toba dan 1 dari Langkat. Sedangkan 5 pasien positif lainnya belum diketahui asal domisilinya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Langkat seorang balita
 
"Meningkatnya jumlah positif positif membuat tugas tenaga kesehatan menjadi semakin berat. Karena itu kami mengajak warga untuk menerapkan protokol kesehatan," katanya.
 
Sementara itu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga Senin berjumlah 151 orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 635 orang.
 
Sementara pasien positif COVID-19 yang berhasil sembuh 48 orang dan yang meninggal dunia 24 orang.
 
"Gambaran di atas menunjukkan penularan masih terjadi. Masker wajib dipakai baik oleh orang sakit maupun sehat dan juga yang sudah sembuh. Penularan menurun menjadi lima persen bila memakai masker, dan risiko penularan menurun menjadi satu persen bila semua orang memakai masker, cuci tangan dan menghindari keramaian," ujarnya.
 
Baca juga: Gugus Tugas: Mudik tetap dilarang

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020