Pramuka Polbangtan Medan Gugus depan 01.139-10.140 berpartisipasi membantu masyarakat Desa Lalang menyemprotkan cairan disinfektan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, Selasa (1/4), mengatakan, bahwasanya aksi memutrus matarantai virus corona bukan hanya tugas pemerintah, tetapi bersama.

Baca juga: Social distancing, Direktur Polbangtan Medan pimpin rapat secara online

Baca juga: Polbangtan Medan melawan COVID-19 dengan tingkatkan imunitas tubuh

Menurut Yuliana, upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 sudah merupakan perhatian semua pihak termasuk civitas akademika Polbangtan Medan, dan bukan hanya pihak pemerintah semata.

"Oleh karenanya, di tengah kekhawatiran dan kepanikan masyarakat akibat menyebarnya wabah virus corona, kita bangga aksi simpatik yang ditawarkan Pramuka Polbangtan Medan ini, dan bernilai kemanusiaan tinggi," sebutnya.
 
Baca juga: COVID-19 tidak menyurutkan Menteri Pertanian sosialisasi kepada jajarannya

Lokasi-lokasi yang menjadi sasaran penyemprotan fokus pada rumah warga, tempat ibadah dan warung-warung warga di Desa Lalang (6 dusun) tersebut. Dan aksi ini berlanjut hingga 6 April 2020.

"Kegiatan Pramuka ini sekaligus mengamalkan dasa dharma ke-5 yaitu rela menolong dan tabah. Pramuka dimanapun harus selalu siap berada di tengah-tengah masyarakat, bekerja sama dan bergotong royong. Salah satunya menjadi relawan pencegahan COVID-19," sebutnya.

Cairan disinfektan yang disemprotkan tersebut hasil racikan sendiri Polbangtan Medan dengan bahan-bahan  yang sederhana dan mudah di dapatkan. "Mari kita perangi COVID-19 dan kita patuhi imbauan pemerintah," pungkas Yuliana.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020