Ketua DPC PDIP Kabupaten Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengungkapkan, seluruh kader partai dari tingkat pusat hingga anak ranting telah diperintahkan untuk mengedukasi kesehatan masyarakat dalam mengantisipasi wabah virus corona atau covid-19 yang hingga saat ini menjadi momok menakutkan di seantero dunia.

"Kita dan seluruh kader, dari mulai pusat hingga anak ranting diperintahkan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengantisipasi wabah virus corona," terang Nikson kepada ANTARA, Minggu (15/3).

Baca juga: RSU Tarutung pantau pasien kelima terduga "suspect" corona dari Balige

Menurutnya, instruksi pimpinan pusat partai berlambang banteng moncong putih tersebut harus dilaksanakan dengan penuh kepatuhan.

Baca juga: TPL sektor Aek Raja akan tanami 1.401 Ha lahan buka peluang kerja

"Patuh dan laksanakan. Instruksi tersebut merupakan bentuk dukungan partai atas langkah pencegahan yang telah diterapkan pemerintah melalui imbauan hidup sehat dalam program Gerakan Masyarakat Sehat, upaya pendeteksian penderita, serta penyediaan 100 rumah sakit rujukan yang dilengkapi fasilitas hingga kondisi kedaruratan," jelasnya.

Dalam instruksi partai yang ditandangani Ketua DPP Sri Rahayu, dan Sekjen Hasto Kristiyanto, penjagaan kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan asupan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga teratur, cuci tangan dengan air mengalir yang bersih sesering mungkin, menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan, etika menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin, dan tidak perlu panik.

Selain itu, saat menemukan orang sakit dengan gejala batuk kering, pilek, demam, dan kesulitan bernafas atau sesak nafas, setiap kader diimbau untuk melaporkan dan berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk pemerintah.

"Harapan partai, langkah sosialisasi dan edukasi yang dilakukan dapat membantu masyarakat untuk pencegahan penyebaran virus corona bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitar," imbuhnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020