Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan menerima kunjungan Kepala Pusat Fasilitas Infrastruktur Daerah Kementrian PUPR Ryono Suprapto,  beserta rombongan dari Team Project For The Improvement of Regional Roads Govermance JICA (Jepang) di Balai Kota Tebing Tinggi, Senin (17/02.) 

Wali Kota dalam pertemuan itu menyampaikan Tebing Tinggi adalah salah satu dari dua kota di Indonesia selain Sukabumi yang ditunjuk oleh Kementerian PUPR dan JICA untuk menjadi Pilot Project Tata Kelola Pemeliharaan Jalan Daerah.

Baca juga: Wakil Wali Kota Tebing Tinggi ikuti pra rakerwil Apeksi di Pariaman

Pihak Kementerian akan memberikan bantuan berupa peralatan dan bahan yang diperlukan untuk menjaga jalan agar tetap baik. 

Setiap jalan harus rutin dipantau, diperiksa dan dipelihara, sementara untuk pendanaan berasal dari Pemerintah Indonesia, APBD Kota Tebing Tinggi dan dibantu DAK pusat atas rekomendasi JICA.

Baca juga: Tiga amanat Wali Kota Tebing Tinggi di apel gabungan

Peran pihak Jepang sendiri adalah sebagai transfer of knowledge, yaitu untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan peralatan yang lebih canggih.

Sementara itu Ryono Suprapto mengatakan kunjungan ini dilakukan dalam rangka pembinaan perangkat daerah dalam hal tata kelola, pemeliharaan dan perbaikan jalan kota. 

Secara khusus karyawan PU akan dibina terkait inspeksi jalan guna mendapatkan data-data yang valid dan melaksanakan perencanaan jalan benar. 


 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020