PT.Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Martabe menyosialisasikan praktik K3 (Keselamatan, dan Kesehatan Kerja) ratusan siswa/siswi SMPN 2 Kecamatan Batang Toru.

"Kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional 2020," Manager Community Development Christine Pepah dalam sambutannya, di Aula SMPN 2 Batang Toru, Sabtu (15/2).

Sosialisasi mengusung tema "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi" bertujuan mengimplementasikan K3 yang diterapkan di pertambangan kelas dunia ini untuk ditularkan ke masyarakat (lingkungan).

Baca juga: Perkuat pasokan listrik, Tambang Emas Martabe dan PLN Padangsidimpuan resmikan Gardu Induk Martabe di Batangtoru

"Keselamatan itu penting, bukan hanya bagi kita (perusahaan), tempat kerja, namun penting juga bagi masyarakat yang melakukan aktivitas termasuk siswa/siswi, Katanya.

Adapun praktik yang disosialisasikan kepada ratusan siswa/siswi SMPN 2 Batang Toru  ini mengenai praktik keselamatan pertambangan dan berlalu lintas. Baik keselamatan jika berjalan kaki, memiliki rumah di pinggir jalan raya, dan lainnya.

"Harapan kita para siswa/siswi dapat mengimplementasikannya dan menyampaikannya dalam kehidupan aktivitas sehari-hari, baik untuk diri sendiri, teman, maupun lingkungan keluarganya," harapnya.

Baca juga: Tambang Emas Martabe serahterimakan pembangunan Kantor Camat Batang Toru

Pada kesempatan yang sama Tambang Emas Martabe juga menggelar Kompetisi Poster Keselamatan Indonesia dengan tema "Aku dan Keluargaku Aman dan Selamat" yang diikuti oleh ratusan pelajar di Batang Toru.

Sementara Direktur Operasional PT.AR, Darryn McClelland menjelaskan, secara internal, Tambang Emas Martabe berkomitmen untuk terus mempertahankan tidak ada kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan jam kerja (Lost Time Injuries) sepanjang tahun ini.

"Tak hanya itu, perusahaan juga terus berupaya meningkatkan pemahaman para karyawan terhadap praktik K3," tambahnya.

Sepanjang 2019, praktik keselamatan dan kesehatan kerja di Tambang Emas Martabe dan seluruh kontraktor telah mencapai skor 80,6% dan termasuk berkinerja baik berdasarkan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Kementerian ESDM).

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja tersebut pada tahun-tahun mendatang," jelasnya.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, Tambang Emas Martabe juga menggelar berbagai kompetisi internal seperti Lomba Penulisan Artikel, Lomba Poster Keselamatan, Lomba Foto dan Pesan Keselamatan, Lomba Video, dan Lomba Fitness Drill.

"Tak hanya itu, juga dilaksanakan upacara pembukaan Bulan K3, peragaan penyelamatan korban di ketinggian oleh Emergency Response Team (ERT) Tambang Emas Martabe, serta. seminar implementasi SMKP dengan pemateri mantan Kasubdit K3 Kementerian ESDM Eko Gunarto," katanya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 2 Batang Toru Devi Anggraini dalam sambutannya, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiata sosialisasi K3 yang dilaksakan PT.AR disekolahnya dengan harapan dapat dimplementasikan dengan baik oleh siswa/siswinya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020