Pemerintah Indonesia akan mencabut sementara fasiltas bebas visa untuk warga negara China. Tak hanya itu, mulai 5 Februari 2020, penerbangan dari dan menuju China juga akan ditutup oleh pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.
 
Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan sudah siap melaksanakan program pemerintah pusat yang akan diturunkan melalui Peraturan Menteri. 
 
"Petugas imigrasi yang bertugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi akan menghentikan sementara seluruh kedatangan pesawat dari China," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan Supartono, Selasa (4/1) sore.

Baca juga: Satu WNI di Singapura terjangkit virus corona
 
Ia menyebutkan penerbangan dari negara China tidak langsung mendarat di Kualanamu. Namun melalui proses transit di Kuala lumpur, Malaysia. 
 
Penghentian penerbangan dari dan menuju China ini tidak akan berlaku untuk warga negara China yang tinggal di luar China. 
 
"Kalau warga China yang dari Amerika, Eropa atau negara lainnya tidak akan dilarang namun dicek tujuan kedatangannya," ujarnya.
 
Khusus untuk warga negara China yang masih menetap di Indonesia, sebelum diberlakukan peraturan menteri akan diberikan visa tinggal darurat oleh pihak imigrasi. 

Baca juga: Tidak benar corona bisa menular lewat tatapan mata
 
"Hal ini dikarenakan pemerintah China juga memberlakukan kebijakan penutupan wilayah mereka sementara waktu untuk membatasi penyebaran virus Corona," ujarnya.
 
Sepanjang bulan Desember 2019, kata Supartoni, ada 1.173 orang yang datang dari China dan mendarat di Bandara Kualanamu. Sedangkan untuk keberangkatan sendiri tercatat sebanyak 1.102 orang. 
 
Sementara untuk bulan Januari kedatangan 661 orang, sedangkan untuk keberangkatan menuju China ada 942 orang.

Baca juga: Pemerintah larang impor hewan hidup dari China
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020