Mengantisipasi Virus Corona atau 2019-nCoV masuk ke Tanjungbalai, Wali Kota bersama unsur Forkopimda  melakukan pengecekan ke terminal di penumpang pelabuhan Teluk Nibung daerah setempat, Jumat sore.

Wali Kota Tanjungbalai, H. Muhammad Syahrial mengatakan, tujuan pengecekan untuk memastikan Kota Tanjungbalai aman dari penyebaran virus corona, sebab Pelabuhan Teluk Nibung merupakan salah satu pintu masuk wisatawan kawasan Asia, terutama dari Port Klang, Malaysia.

Baca juga: Menteri AS anggap wabah corona bisa positif bagi ekonomi Amerika

"Alhamdulilah sampai saat ini Tanjungbalai bebas dari virus corona. Kita telah melakukan antisipasi dengan melakukan screening setiap orang yang masuk melalui jalur laut," ujar Syahrial.

Wali Kota melanjutkan, di terminal penumpang pelabuhan itu telah dipasang Thermal Scanner guna memastikan para Penumpang yang tiba tidak tertuluar virus corona yang mulai merebak pada Desember 2019 di Wuhan, China.

Pemkot Tanjungbalai juga menggandeng seluruh stakeholder untuk saling berperan dalam langkah pencegahan dengan deteksi dini sebagai upaya pengawasan penyebaran virus corona.

"Kerjasama ini melibatkan pihak Imigrasi, KKP dan Karantina Kesehatan. Ruangan dan petugas khusus juga telah disiapkan untuk menangani ketika ada penumpang yang terdeteksi terkena corona," ujar Syahrial.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga mengimbau masyarakat agar tidak panik terhadap informasi virus corona di Indonesia, khsusunya Kota Tanjungbalai.

Hal itu karena pemerintah telah melakukan penanganan secara intensif dan sistematis untuk melindungi masyarakat dari penularan virus corona yang sangat mematikan dan saat ini menjadi isu Internasional.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020