Kepala Kepolisian Resor Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib mengimbau kepada seluruh sopir kendaraan bermotor yang melintas di wilayah hukum Tapanuli Selatan bebas dari narkoba serta mematuhi rambu lalu lintas.

"Tujuannya demi keselamatan dan kenyamanan penumpang yang berlalu lintas," tegasnya di sela tes urine bagi seluruh supir kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Sumatera arah Padangsidimpuan - Gunungtua tepatnya di Desa Pal XI Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, Selasa (31/12).

Kegiatan tes urine ini sendiri dilakukan bersama pihak BNN melibatkan Kepolisian, TNI, dan Dinas Perhubungan dalam rangka Operasi Lilin Toba 2019 pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: ASN Pemkab Asahan jalani tes urine

Tes urine terhadap pengemudi angkutan umum khususnya sopir angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) ini dipimpin langsung Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib bersama Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto.

"Kegiatan tes urine terhadap para sopir seperti ini penting dilakukan sebagai upaya menghindari risiko kecelakaan dijalan raya utamanya dihari-hari besar atau hari libur seperti ini," katanya.
 
Tes urine bagi para sopir khususnya sopir kenderaan umum AKAP yang melintasi diruas jalan Lintas Sumatera Padangsidimpuan - Gungtua, di Desa Pal XI, Kecamatan Angkola Timur wilayah hukum Tapanuli Selatan, Selasa (31/12) (ANTARA/Kodir)

Senada juga apa yang disampaikan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu yang mengimbau kepada para sopir yang melintasi wilayah Tapanuli Selatan untuk agar lebih berhati-hati serta mengedepankan keselamatan jiwa penumpangnya.

Baca juga: 799 ASN Pemrov Sumut jalani tes urine

Bupati juga menyebut bahwasanya kegiatan tes urine terhadap sopir seperti ini di wilayah yang dipimpinnya rutin dilaksanakan setiap menyambut hari-hari besar keagamaan maupun liburan panjang lainnya.

"Pemkab Tapanuli Selatan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) selalu bersinergi dan kompak dalam hal-hal menyangkut kepentingan orang banyak termasuk tes urine seperti ini," kata Syahrul.

Dalam kegiatan tes urine yang dilakukan dari sebanyak 41 sopir yang dites, satu di antaranya dinyatakan positif narkoba dan untuk selanjutnya dibawa ke Kantor BNN Tapanuli Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BNN Tapsel AKBP Siti Aminah, Perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Sumut Mora Pardamean, Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto beserta Kasat dan Pejabat Utama Polres Tapsel lainnya, dan Kadis Perhubungan Tapsel Aji Hatorangan, Camat Angkola Timur Farwis Ricky, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019