Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu mengambil sumpah sekaligus melantik sebanyak 38 kepala desa yang baru hasil Pemilihan Kepala Desa serentak pada 19 November 2019 lalu.

Para kepala desa yang berasal 10 dari 15 kecamatan se Kabupaten Tapanuli Selatan ini dilantik di Gedung Serbaguna pusat perkantoran bupati setempat, di Sipirok, Senin (2/12)

Pengangkatan kepala desa periode 2019-2025 ini berdasarkan surat keputusan bupati Tapanuli Selatan nomor 188.45/723/KPTS/tahun 2019.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantik dan terpilihnya para seluruh 38 kepala desa pilihan masyarakat tersebut dengan harapan dapat mengayomi masyarakat desanya dengan baik.

Baca juga: Pemenang PIlkades Tapsel 2019 didominasi petahana

"Selaku pemimpin yang baik silahkan rangkul kembali masyarakat dan lupakan perbedaan pendapat ketika masa pemilihan, karena persatuan kesatuan dan kekompakan kunci penting menyuksskan program pembangunan," katanya.

Kepada isteri kepala desa yang secara Ex officio menjadi pengurus PKK desa bupati juga menekankan untuk dapat mendukung tugas-tugas suami demi suksesnya pembangunan pemerintah di desa.

Bupati tidak lupa ingatkan kepada para kepala desa untuk tidak lupa memenuhi tugasnya mengutip pajak bumi dan bangunan (PBB) demi peningakatan Pendapatn Asli Daerah.

Hadir dalam acara pelantikan kepala desa ini Wakil Bupati Tapsel Aswin Siregar, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, Ketua TP.PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul, OPD, pada Camat, dan sanak saudara kepala desa yang dilantik.

Sebelumnya Kadis PMD Tapanuli Selatan melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Ricky H Siregar menjelaskan bahwa, tugas pokok dan fungsi kepala desa diantaranya menyelenggarakan pemerintahan desa, kemudian melaksanakan pembangunan desa melaksanakan pembinaan kemasyarakatan desa serta pemberdayaan masyarakat desa.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019