Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tapanuli Selatan menyatakan hasil pemenang pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 didominasi calon petahana.

"Dari 38 desa yang menyelenggarakan Pilkades, 18 desa dimenangkan calon petahana," kata Kadis PMD Tapanuli Selatan M.Yusuf didampingi Kabid Pemdes Ricky H Siregar kepada ANTARA, Kamis (21/11).

Menurutnya dari 38 Desa di 10 Kecamatan se Tapanuli Selatan menyelenggarakan Pilkades ada 28 calon petahana tercatat yang kembali mencalon diantara sebanyak 115 jumlah calon Pilkades.

"Sementara 10 petahana lainnya tidak lagi ikut betarung di Pilkades serentak 2019 pada 19 November 2019 kemarin," jelasnya.

Calon kepala desa petahana yang menang kembali dalam Pilkades yakni di Desa Lembah Lubuk Raya, Panobasan Lombang, Pargumbangan, Pangaribuan, Sihuik-huik, Pintu Padang, Siamporik Lombang, Gunung Baringin, Sidadi II, Sigulang Losung, Aek Ngadol Sitinjak, Gunung Binanga, Simaninggir (Sipirok), Paran Julu, Barna Koling, Sisoma, dan Desa Tanjung Medan.

Sedang incumben yang kalah di Desa Sialogo, Basilam Baru, Tatengger, Sihopur, Pardomuan, Sidadi I, Sorimadingin PP, Hurase, Haunatas, dan desa Paran Padang.

Untuk incumbent yang tidak lagi mencalon Desa Aek Nabara, Panobasan, Siamporik Dolok, Sipogu,Janji Manaon, Sibulele Muara, Perkebunan Hapesong, Bulu Gading, Huta Pardomuan, Desa Ramba Sihasur.

Tercatat jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di 10 kecamatan sebanyak 24.185 suara dengan rincian laki-laki sebanyak 11.936 suara, dan perempuan sebanyak 12.249 suara. Sedang suara sah berjumlah 18.683 suara dan tidak sah berjumlah 167 suara.

Adapun 10 kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades yakni Kecamatan Angkola Barat, Angkola Muara Tais, Angkola Selatan, Arse, Batang Angkola, Batang Toru, Marancar, Sayur Matinggi, Sipirok, dan Kecamatan Tano Tombangan Angkola.

"Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, petugas PAM, dan pihak penyelenggara di TPS dan seluruh pihak terkait sehingga pelaksanaan Pilkades ini berjalan aman dan lancar," pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019