Setiap pemimpin dan pemerintahan punya masanya untuk berbakti dan bertekad membangun daerah kearah lebih baik, karenanya ayo! membangun Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Ajakan Bupati tersebut saat berpidato pada upacara Peringatan Hari Jadi ke-69 tahun 2019 Tapanuli Selatan, Minggu (24/11) di lapangan parade, Sipirok di hadapan ribuan peserta upacara yang dihadiri unsur Forkopimda, DPR, DPRD, Komisi Kejaksaan RI, Wakil Bupati, Sekda, BUMN, BUMD, Perbankan, Pengusaha, PKK, dan lainnya.

Tekad bulat ajakan membangun memajukan daerah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan merupakan estafet perjuangan yang bukan merupakan retorika dan slogan tanpa makna.

"Akan tetapi menjadikan tekad kuat kita untuk bertindak secara nyata. Apalagi perkembangan zaman menjadikan pendorong untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur," ujarnya.

Namun, untuk mencapai output yang lebih baik seluruh pemangku kepentingan harus senantiasa bergandeng tangan secara bersama-sama dan bekerja keras, bekerja iklas, dan bekerja tuntas. Dalam arti, berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

"Insya Allah dengan modal kebersamaan cita-cita mewujudkan Kabupaten Tapanuli Selatan yang sehat,cerdas, dan sejahtera dalam bingkai "Baldathun Thoyyibathun Warobbun Ghofuur" akan terwujud," katanya.

Bupati juga menyinggung bahwasanya Tapanuli Selatan dalam sistem pengelolaan anggaran daerah telah menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut dari BPK-RI.

"Tercapainya WTP lima kali berturut-turut seperti dan baru kali ini diterima  Kabupaten Tapanuli Selatan tidak lepas daripada dukungan semua komponen daerah mulai dari Pemkab, DPRD, Forkompimda serta semua pihak yang menggunakan anggaran Tapanuli Selatan," sebutnya.     

Demikian menghadapi revolusi industri 4.0 yang sudah didepan mata sesungguhnya Tapanuli Selatan telah mempersiapkan diri sesuai visi misi dan sejalan dengan tema Hari Jadi Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera menciptakan manusia unggul, Indonesia maju.

"Tapanuli Selatan dalam visi misi sehat, cerdas, dan sejahtera telah menuangkan dalam rencana pembangunan daerah jangka menengah daerah (RPJMD) periode 2016 - 2021 sebuah program yang disiapkan untuk melangkah dan menghadapi segala perkembangan di era industri 4.0 dan bonus demografi," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Makruf Amin juga telah menetapkan arah pembangunan Indonesia lima tahun kedepan dengan lima program utama yang dicanangkan untuk terwujudnya SDM yang unggul Indonesia maju.

Yakni pembangunan SDM, Infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transpormasi ekonomi, yang mana kelima arah kebijakan nasional ini kata Bupati memiliki arah yang sama dengan visi misi Tapanuli Selatan.

"Oleh karenanya program pembangunan Tapanuli Selatan yang dilaksanakan berdasarkan RPJMD atau garis besar haluan Kabupaten selama kurun tiga tahun terakhir tinggal melakukan peningkatan pada beberapa sektor saja," katanya.

Sehingga paling lambat tahun depan (2020) perwujduan Tapanuli Selatan sehat, cerdas, dan sejahtera sudah memberi sumbangsih yang sangat besar bagi cita-cita sumber daya manusia unggul Indonesia maju sesuai yang dicanangkan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Makruf untuk periode 2019-2024.

Baca juga: Pameran pembangunan Tapsel berakhir, Syahrul: Terimakasih kepada semua pihak

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019