Tim gabungan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, Polda Sumut dan Polrestabes Medan sudah mengamankan 12 orang terkait bom bunuh diri yang terjadi di Makopolrestabes Medan pada Rabu (13/11).
 
Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Mardiaz Kusin Dwihananto, Kamis (14/11), mengatakan, dari 12 orang yang diamankan belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.
 
"Ada sekitar 12 orang yakni orang tua dari pelaku, mertuanya, istrinya, kakak si pelaku kemudian tetangganya juga ada ini masih kita periksa, statusnya masih saksi," ujarnya di Polrestabes Medan.

Baca juga: Korban bom Medan jalani operasi, satu urat ototnya putus

Baca juga: Diduga anggota jaringan teroris, Polisi amankan seorang wanita warga Kota Binjai
 
Polisi, kata Mardiaz, masih terus bekerja insentif dan melakukan pengejaran terhadap beberapa orang yang ada kaitannya dengan terduga pelaku yang berinisial RMN (24). 
 
Dari penggeledahan di sejumlah lokasi, pihaknya turut mengamankan barang bukti yang dicurigai berbahan peledak.
 
"Dari rumahnya ada ditemukan beberapa barang bukti berupa pipa yang diisi dengan kandungan kimia, kemudian panah beracun, dan juga alat las dari rumah tersebut," katanya.

Baca juga: Petugas sita sejumlah barang dari rumah guru ngaji terduga pelaku bom Medan

Baca juga: Ini identitas terduga pelaku lain yang diburu polisi terkait bom Medan
 
Ia menambahkan, dari hasil interogasi terhadap istri terduga pelaku, selama ini mereka melakukan pengajian eksklusif.
 
"Dan ini tentunya masih kita dalami motif-motifnya apakah ada kaitan dengan istri sendiri dengan kejadian bom," terangnya.
 
Diberitakan sebelumnya, ledakan terjadi di Makopolrestabes Medan di Jalan HM Said Medan, Rabu pagi sekitar pukul 08.35 WIB. 
 
Ledakan yang diduga bom bunuh diri itu dilakukan seseorang berinisial RMN (24). Terduga pelaku meledakkan diri di sekitar kantin Polrestabes Medan. Akibatnya, enam orang terluka.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019