Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan menjadi Desa Sadar Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (PBJS) Ketenagakerjaan.

Launching Desa Parsalakan sadar BPJS Ketenagakerjaan ini dihadiri Bupati Tapanuli Selatan diwakili Sekda Parulian Nasution dan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Umardin Lubis, Kamis (3/10).

Sekda Parulian mengatakan, terwujudnya Desa Parsalakan menjadi desa sadar BPJS Ketenagakerjaan tidak lepas dari tingginya partisipasi dan dukungan serta komitmen Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan.

Komitmen dalam memenuhi amanat Undang-undang 24 tahun 2011 tentang BPJS dan Undang-undang nomor 40 tahun 2014 tentang sistem jaminan sosial bagi pekerja formal dan non formal.

"Ini menjadi momentum yang sangat strategis di mana pemerintah berkomitmen besar untuk memberikan pelayanan jaminan sosial yang berkualitas dan berkeadilan bagi seluruh masyarakatnya," ungkapnya.

Keuntungannya, jaminan sosial masyarakat akan lebih terjamin ketika masyarakat sudah terdaftar sebagai peserta. Seperti jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan me ninggal dunia, dan jaminan hari tua.

“Pemkab Tapanuli Selatan juga akan mendorong desa-desa lain yang ada di daerah ini untuk dapat mengikuti langkah Desa Parsalakan menjadi desa sadar BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya sembari ucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Desa Parsalakan.

Baca juga: Dolly Pasaribu siap maju di Pilkada Tapsel 2020

Sementara, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumatera Bagian Utara, Umardin Lubis mengatakan, pihaknya mengapresiasi tingginya atensi Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan yang mendorong warganya menjadi desa sadar jaminan sosial.

Mengingat sebanyak 2400 orang perangkat desa di seluruh 212 jumlah desa, tambah tenaga honorer di jajaran Tapanuli Selatan juga sudah terdaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan, "kami pantas mengucapkan terimakasih," katanya.

Diacara ini BPJS Ketengakerjaan Cabang Padangsidimpuan juga menyerahkan klaim JKK dan JKM kepada ahli waris serta menyerahkan simbolis id card peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Desa Parsalakan.

Turut hadir Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan Zainal Fakhruddin, Kadis Ketenagakerjaan Amros Karangmatua, Camat Angkola Barat Maruhum Hot Taufik, Camat Marancar Arman Pasaribu, Kabid Pemdes Ricky Hadamean, Lurah/Kades se Angkola Barat, dan masyarakat setempat.

Baca juga: Pemkab Tapsel canangkan perang terhadap sampah

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019