Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu mengatakan bahwasanya generasi penerus anak bangsa mempunyai kewajiban dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila serta untuk meneruskan ideologi negara. 

"Semua itu membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Sebagai generasi milenial harus selalu hargai perbedaan, karena perbedaan adalah kekuatan bagi bangsa Indonesia. Untuk itu, mari kita jaga persatuan, kesatuan untuk mewujudkan Tapanuli Selatan yang sehat, cerdas, dan sejahtera," katanya.

Bupati sampaikan itu melalui Irup Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati setempat, Sipirok, Selasa 1 Oktober 2019.

Sementara Ketua DPRD Tapanuli Selatan Husin Sogot Simatupang dalam upacara ini membacakan ikrar Ketua DPR-RI yang berisi bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945  keyataannya telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam maupun  luar negeri terhadap NKRI. 

Baca juga: Pemkab Tapanuli Selatan rujuk penderita Hydrocephalus ke Adam Malik Medan

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia, terhadap, kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara kita," katanya. 

Sogot menegaskan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai - nilai luhur ideologi pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

"Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai - nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI kita," ungkapnya.

Turut hadir dalam acara ini Kajari Tapanuli Selatan, PN Padangsidimpuan, Pengadilan Agama, Kemenag, Sekda, Waka Polres, Kasdim, Kepala BNN, Anggota Dewan, Pimpinan OPD, Kabag, Asiten, Staf Ahli, Karang Taruna, Ketua BKMT, Wakil TP. PKK Tapsel, Ketua Darma Wanita Persatuan, TP. PKK Tapsel.

Baca juga: 1 Oktober, penetapan pimpinan DPRD Tapanuli Selatan defenitif 2019-2024

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019