Pimpinan DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari satu orang Ketua dan dua wakil ketua hingga kini belum terbentuk secara defenitif. Alasannya, hanya tinggal menunggu rekomendasi dari Partai Politik Partai Golkar.

"Kabarnya rekomendasi calon wakil ketua defenitif dari partai berlambang pohon beringin ini sudah di tingkat Provinsi Sumatera Utara, kita tinggal menunggu," kata Sekwan DPRD Tapanuli Selatan Darwin Dalimunthe, di temui Antara di Sipirok, Kamis (19/9).

Sedang untuk calon ketua defenitif dari Partai Gerindra telah merekomendasikan Husin Sogot Simatupang (sekarang menjabat ketua Dewan sementara) dan untuk calon wakil ketua defenitif dari Partai PAN merekomendasikan Borkat.

Setelah rekomendasi dari Partai masing-masing untuk pimpinan defentif DPRD diterima, DPRD pimpinan sementara akan menggelar rapat paripurna menyampaikan nama-nama calon pimpinan defenitif.

"Setelah itu Ketua DPRD sementara akan mengusulkan nama-nama tersebut  ke Bupati Tapanuli Selatan untuk selanjutnya dikirimkan ke Gubernur Sumatera Utara c/q Biro Otda untuk mendapatkan SK pimpinan defenitif," katanya.

Terkait alat kelengkapan dewan akan dibentuk setelah rapat paripurna dewan itupun setelah SK (Surat Keputusan) pimpinan DPRD defenitif diresmikan. Artinya setelah pimpinan DPRD defenitif.

"Untuk agenda pembentukan tujuh fraksi di DPRD Tapanuli Selatan, pimpinan DPRD sementara sudah selesai melaksanakannya beberapa waktu lalu, demikian halnya dengan  rapat penyusunan Tata Tertib," sebutnya.

Alat kelengkapan dewan yang akan dibentuk atau disusun nantinya yakni Komisi - Komisi,  Banmus,  Banggar, Badan Kehormatan Dewan, Badan Pembentukan Perda DPRD. Tapanuli Selatan yang beranggota 35 orang tersebut.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019