Mahasiswa Polbangtan latihan roasting kopi di rumah kreatif BUMN

Sejumlah mahasiswa Polbangtan Medan yang Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Tapanuli Selatan mengikuti pelatihan roasting, cupping, dan brewing di rumah kreatif BUMN di lingkungan Kantor PLN UP 3 Padangsidimpuan yang dikelola AKS (Arabika Kopi Sipirok).

Diantara mahasiswa Polbangtan Medan Sahri dan Siti Hajar yang menghubungi ANTARA, di Sipirok, Kamis (5/9) mengaku senang keduanya bisa mengikuti pelatihan di AKS Kopi dalam rangka menimba memperdalam ilmu mulai 29 Agustus hingga 4 September 2019.

"Ini momentum cukup sangat berharga bagi mahasiswa yang sedang mencari menimba ilmu. Sejalan kesiapan Polbangtan mencetak lulusan wirausahawan," ujar keduanya.

Baca juga: Polbangtan Medan kenalkan pertanian untuk pelita bangsa di perbatasan Indonesia-Malaysia

Owner AKS Kopi, Sholi Pohan mengatakan, mengaku bangga dengan mahasiswa Polbangtan Medan yang mau belajar memperdalam ilmu perkopian sebagai upaya menumbuhkembangkan regenerasi dunia agribisnis khususnya industri kopi.

"Sehingga nantinya mereka (mahasiswa) dapat menciptakan lapangan pekerjaan (job creator) sesuai dengan visi misi Polbangtan Medan," harapnya. Dia juga menekankan agar program ini terus di jalankan untuk mengangkat dunia perindustrian kopi Indonesia terutama bagi petani kopi. 

Dia mengibaratakan belajar itu seperti mobil rusak. "Bawalah ke toko spare part apa yang kamu butuhkan untuk memperbaiki dan menyempurnakan mobilmu, maka ambillah, " katanya.

"Begitu pula dengan belajar, ambil semua yang ingin kalian kumpulkan agar hal itu dapat menjadi modal kalian ketika kalian lulus dan berhadapan langsung dengan kenyataan kehidupan," ujar Sholi memotivasi.

Pintu rumah kreatif BUMN ini akan selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin menimba ilmu. "Tidak saja mahasiswa, namun untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan kami, maupun faslitas di gedung ini kami siap," kata Sholi.

Baca juga: Polbangtan Medan kembangkan Microbacter Alfa-11 di Sergai

Baca juga: Polbangtan Medan juara 3 lomba tulis ilmiah tingkat nasional
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019