Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan meluncurkan aplikasi E-Arsip Perizinan, Kamis (29/8).

Kadis PMPPTSP Sofyan Adil, SP, MM sebagai mentor dalam membina terbangunnya aplikasi ini menyebutkan E-Arsip perizinan merupakan inovasi dari Project Leader Ir. Lanmora Lubis, peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XVIII Tahun 2019 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara.

"Aplikasi ini berguna untuk meningkatkan pelayanan perizinan dan non perizinan yang prima serta dukungan terhadap tugas-tugas fungsi pada dinas terkait," sebutnya.

Dikatakan selama ini sering muncul permasalahan akibat lemahnya sistem penyimpanan dokumen-dokumen perizinan. Namun, berkat inovasi Lanmora muncul ide pembuatan aplikasi E-Arsip.

"Dengan perubahan pengelolaan dari konvensional ke elektronik, maka lebih memudahkan pencarian arsip, selain itu arsip lebih aman dan tidak membutuhkan banyak tempat serta memudahkan staf dalam bekerja," katanya.

Sementara project Leader inovasi E-Arsip, Lanmora berharap agar aplikasi hasil inovasinya ini dapat di manfaatkan demi kelancaran DPMPPTSP, apalagi seluruh arsip tersimpan baik pada alat elektronik.

Dia mengatakan inovasi aplikasinya itu mendapat dukungan penuh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, Sekda Parulian Nasution, Kadis Perpustakaan dan Arsip, Kadis Komunikasi dan Informatika serta beberapa Kepala OPD terkait lainnya.

Launching E-Arsip ini mengangkat tema "Pengelolaan Arsip Perizinan Berbasis Elektronik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan."


 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019