Tim pembuka jalur KPA Forester Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) bersama NNB (Naposo Nauli Bulung) Sentral Pintu Padang mulai bekerja membuka jalur untuk persiapan pendakian bersama jelajah Merah Putih Gunung Gon-gonan mulai 16-17 Agustus 2019.

Sebetulnya KPA Forester Tabagsel telah membuka jalur ke gunung Gon-gonan di Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan sebanyak dua kali, yaitu pada 2017 dan 2018. Hanya saja jalur dilalui dua ekspedisi itu sudah tertutup kembali.

"Sehingga tim kembali bekerja untuk membuka jalurnya kembali," kata dewan pendiri KPA Forester Tabagsel Decky Chandrawan didampingi Ketua Panitia pendakian massal Pingki Alamsyah yang menghubungi Antara, di Sipirok, Selasa (6/8).

Mereka (tim) akan melakukan tugasnya merintis kembali jalur pendakian selama tiga  hari. Dan, akan bekerja keras bersihkan vegetasi yang rapat serta mendesign sedemikian rupa pada jalur yang terjal.

"Di beberapa titik kita juga akan memasang tali untuk memudahkan pendakian para pendaki nantinya," jelas Decky.

Gunung Gon-gonan ini memiliki ketinggian 1.394 mdpl, hanya saja menawarkan pengalaman menarik pada jalurnya.

Dikatakan peserta yang telah mendaftarkan diri untuk ikut jelajah Merah Putih ini sebanyak 23 orang, dan diprediksi pesertanya akan terus bertambah.

"Jelajah Merah Putih ini sebuah kegiatan pendakian massal yang akan menumbuhkan jiwa cinta alam dan tanah air," jelasnya.

Rangkaian kegiatannya selain pendakian massal juga melakukan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di puncak gunung Gon-gonan, serta pembentangan bendera Merah Putih raksasa, dan renungan kebangsaan.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019