Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Provinsi Sumatera Utara mengelar Konferensi Cabang Serentak atau Konfercab secara serentak di zonasi 3 (tiga) yang dipusatkan di Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam sambutan Ketua DPD PDI-Perjuangan Sumatera Utara, Japorman Saragih yang disampaikan Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Syahrul Effendi Siregar mengatakan, Konfrencab PDI-Perjuangan merupakan proses dan agenda partai lima tahunan.

Konfercab yang dilaksanakan secara serentak pada, Sabtu 13 Juli 2019 yang diikuti oleh 2.022 orang utusan/peserta yang terdiri dari: Ketua, Sekretaris dan Bendahara Pimpinan Anak Cabang PDI Perjuangan se-Sumatera Utara dan peninjau.

Mengingat kondisi geografis kewilayahan, maka dalam pelaksanaanya dibagi dalam 4 Zona, yakni zona-1 dilaksanakan di Medan, diikuti oleh DPC Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Tanjung Balai dan Karo dengan jumlah 668 orang peserta.

Zona-2, dilaksakan di Prapat-Simalungun, diikuti DPC Kota Pematang Siantar, Simalungun, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Sibolga dan DPC Tapanuli Tengah, diikuti 632 orang peserta.

Zona-3, dilaksanakan di Rantauprapat Labuhanbatu, diikuti DPC Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Madina, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan dan Padangsidempuan, yang diikuti oleh 414 orang.

Sementara zona-4, dilaksanakan di Gunung Sitoli diikuti DPC Gunung Sitoli, DPC Nias, Nias Barat, Nias Selatan dan Nias Utara, diikuti 308 orang peserta.

Ia menjelaskan, melalui Konfercab juga akan terjadi perubahan, pembaharuan, penyempurnaan dan regenarasi kepemimpinan dalam struktur partai di tingkat cabang. Demikian pula pelaksanaan Konferda ditingkat provinsi merupakan hal biasa dan akan diikuti alamiah terjadi dalam suatu partai politik.

Japorman Saragih mengimbau, kader partai yang telah mengabdi dalam struktur DPC dan barangkali kedepan tidak ikut lagi terakomodir dalam struktur partai, tetaplah mengabdi sebagai kader partai, dengan penuh dedikasi dan loyalitas.

Menurut dia, ladang pengabdian dimanapun, bisa dimanapun, tidak hanya semata melalui struktur partai. "Kepada kader partai yang mungkin akan berlanjut mengabdi dan dipercaya kembali sebagai pengurus, teruslah bekerja keras dan sungguh-sungguh, tanggungjawab, meningkatkan dedikasi dan loyalitas untuk dengan penuh memajukan dan menjayakan PDI-Perjuangan," jelasnya.

Ia menjelaskan, Konfercab dilaksanakan setelah Pemilu serentak yang begitu gaduh dan melelahkan dan telah selesai dengan aman, demokratis dengan partisipasi rakyat yang demikian tinggi, artinya masyarakat percaya pemilu.

Lebih menggembirakan, berkat kerja keras dan gotong royong seluruh kader PDI-Perjuangan, pak Jokowi dan KH Maruf Amin dapat dipercaya rakyak kembali. "Kita menang. Menang pemilu dua kali berturut turut ditingkat Nasional merupakan pertama dalam sejara pemilu pasca reformasi 1998," katanya.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, atas kerja keras dan sungguh-sungguh dari seluruh kader PDI-Perjuangan Sumatera Utara dengan memperoleh 19 kursi DPRD Sumut dan memperoleh 166 kursi DPRD Kabupaten/Kota.

"Kita menang Pileg dan Pilpres 2019 di Sumatera Utara dan itu berarti kader PDI Perjuangan akan duduk sebagai Ketua DPRD Sumut. Kita menang di 10 Kabupaten/Kota, yang berarti ada 10 kader partai yang akan duduk sebagai ketua DPRD dan memperoleh pimpinan/wakil ketua DPRD di 13 Kabupaten/Kota," kata Japorman Saragih.

Baca juga: Pemkab Labuhanbatu raih penghargaan dari Kemensos
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019