Kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Tapanuli Selatan patut menjadi contoh bagi daerah lain. Perbedaan Suku dan agama tak pernah menjadi soal. 

"Mereka hidup berdampingan sejak lama. Mereka saling menghargai. Mereka tidak pernah saling bersinggungan. Mereka penuh hidup aman, damai dan tenteram."

"Inilah salah satu dukungan kunci sukses pembangunan di Kecamatan Angkola Tanah Tombangan, Tapanuli Selatan," kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, saat kunjungan safari Ramadhan, Pemkab, di masjid Nurul Huda, Desa Kota Tua, Angkola Tanah Tombangan, Jumat (24/5) malam. 

Baca juga: Bupati Tapsel sebut dua prespektif safari Ramadhan

Pun, demikian, Bupati tetap mengingatkan agar kerukunan antarumat beragama daerah ini harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Dari waktu ke waktu boleh dikatakan aspek pembangunan Angkola Tanah Tombangan sudah relatif baik. Kemajuan infrastruktur berbagai sektor seperti jalan, irigasi secara bertahap yang sudah semakin dirasakan, berkat kekompakan.

Disampaikan, tahun anggaran 2019 ini akses jalan Kabupaten dari arah Desa Uncim diujung Kecamatan Sayur Matinggi hingga awal mendapatkan Kecamatan Angkola Tanah Tombangan akan di hotmix dengan biaya lebih tiga miliar. Tambah peningkatan jalan di daerah Sisoma sekitar Desa Ingul Jae juga akan dibangun jalan hotmix berdana lebih tiga milyar.

Dalam kesempatan ini, Bupati, mengingatkan masyarakat Tapanuli Selatan terutama masyarakat Angkola Tanah Tombangan untuk tidak mudah terpancing maupun terprovokasi isu-isu politik pasca-Pemilu 17 April 2019. 

Selain menghadirkan penceramah al Ustadz Henri Harahap, Bupati juga menyerahkan bantuan BAZNAS kepada 15 orang mustahik sebesar Rp.500 ribu/orang dan bantuan untuk nazir masjid sebesar dua juta lima ratus ribu rupiah, BKMT menyantuni enam orang anak yatim sebesar Rp.150 ribu/orang. Dari Bank Sumut Cabang Sipirok memberikan bantuan kepada lima orang mustahik.

Sedang Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) berupa bingkisan kepada delapan orang di Kecamatan itu.

Turut hadir bersama rombongan Bupati, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Ketua MUI Tapsel, Kepala Bank Sumut Cabang Sipirok, Pejabat eselon, Tokoh agama, Pemuda, BKMT, PKK, dan unsur masyarakat lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019