Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Tapanuli Selatan mengajak pemilih pemula daerah itu untuk menggunakan hal pilihnya di Pemilu 17 April 2019.

Ajakan itu diserukan Komisioner KPU Tapanuli Selatan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Zulhajji Siregar pada kegiatan sosialisasi tingkat partisipasi pemilih kepada ratusan siswa SMK Negeri 1 Sipirok, Tapanuli Selatan, Sabtu.

"Ayo pada saat hari H Pemilu nanti kita gunakan hak suara kita untuk memilih pemimpin sesuai hati nurani masing-masing," ujarnya

Namun, menurut dia, sebelum menentukan pilihan alangkah baiknya menelaah bibit, bobot, bebet para calon pemimpin yang akan dipilih, bahkan pahami visi-misi calonnya, baik Calon Presiden/Wakil Presiden, DPD, maupun Legislatif.

"Dengan cara ini adik-adik sudah ikut menentukan siapa nantinya calon pemimpin-pemimpin bangsa yang baik untuk bangsa lima tahun ke depan," kata Zulhajji yang bersama komisioner KPU Tapsel Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Efendi Rambe.

Tata cara pencoblosan dan warna surat suara untuk para calon (Presiden warna abu-abu, DPR-RI (kuning), DPD (merah), DPRD provinsi (biru), dan DPRD kabupaten/kota (hijau) juga bagian dari kegiatan sosiliasasi yang disambut antusias siswa.

"Harapan KPU dengan gencarnya sosialisasi ini semakin memotivasi para pemilih pemula untuk tidak 'golput' sekaligus upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 17 April 2019," kata Zulhajji.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019