Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan berbagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di daerah itu. Tercatat dari 278.578 jiwa jumlah penduduk, sebanyak 180.906 jiwa diantaranya adalah angkatan kerja.

"Karenanya untuk menambah angka angkatan kerja Pemkab proaktif memberikan pelatihan untuk mengeksplor keahlian masyarakat masing-masing," kata Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar.

Wakil Bupati menyampaikan itu pada saat memimpin upacara hari kesadaran nasional (HKN) bagi kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan di halaman kantor Bupati di Sipirok, Senin (17/2).

Skill yang diberikan misalnya pelatihan montir sepeda motor, las listrik, komputer, jahit menjahit, tata rias dan sebagainya baik di desa maupun di balai latihan kerja (BLK).

"Kita yakin dengan pelatihan yang dibuat Dinas Ketenagakerjaan akan dapat menjadikan modal masyarakat lebih mandiri sehingga angka pengangguran daerah ini bisa berkurang," jelasnya.

Upaya lainnya pemerataan angkatan kerja dengan menekankan agar seluruh perusahaan yang ada di daerah untuk tetap mengedepankan tenaga kerja lokal demi menjaga kearifan lokal.

Terkait HKN Wakil Bupati juga mengingatkan seluruh ASN untuk terus memaksimalisi kinerja demi pengabdian dan melayani masyarakat dengan baik sesuai aturan berlaku.

Hadir dalam HKN yang diperingati setiap tanggal 17 setiap bulannya ini Sekadakab Tapanuli Selatan Parulian Nasution pejabat eselon lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019