Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tapanuli Selatan menggelar lomba Pos Pelayan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) tingkat Kabupaten tahun 2018.

"Kiranya melalui lomba ini akan menciptakan kader-kader Posyandu yang handal," kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu yang sekaligus membuka acara.

Acara satu harian ini, di Aula MAN Dua, Padangsidimpuan, Kamis, dengan tema:"Melalui lomba Posyandu kita tingkatkan keterampilan kader dan parstisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan dasar kesehatan di desa menuju kelembagaan mandiri."

Lanjut Syaufia berharap, demi terciptanya ibu-anak yang sehat di desa, para kader Posyandu pilihan dari seluruh 15 Kecamatan di  daerah itu tidak ada salahnya mau bersinergi dengan bidan di desa serta aktif (pelatihan) berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

"Upaya tersebut sesuai tujuan lomba sekaligus mendorong sekaligus mendukung terwujudnya visi-misi bupati / wakil bupati agar masyarakat Tapanuli Selatan sehat disamping cerdas dan sejahtera,"ujarnya.

PKK juga tambahnya, sangat mendukung kader Posyandu dapat memanfaatkan Dana Desa 2019 untuk peningkatan kapasitas Posyandu. Mulai dana sehat serta sarana prasarana pendukung agar Posyandu lebih baik.

"Selamat berlomba, serta jangan lupa untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas selama mengikuti kejuaraan. Karena, hal ini penting dijaga setiap adanya even,"katanya

Acara tersebut dihadiri Kadis PMD yang diwakili Sekretaris Mara Tinggi Siregar, dan empat dewan juri lomba yaitu Mawarni,  dr Emi,  Levi Hamonangan, dan Vita Ali Akbar. Bentuk lomba tertulis dan praktek. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018