Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal - KB Kesehatan Tahun 2018 di daerah itu.

Pencanangan Baksos tersebut dipusatkan di Halaman Kantor Camat Kecamatan Angkola Selatan, Tapanuli Selatan, Sabtu, yang ditandai pemukulan Gong oleh Bupati Syahrul M.Pasaribu.

Dihadiri Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari/Ketua Persit KCK  Kodim 0212/TS, unsur TNI - Kepolisian - Camat, pimpinan SKPD, PKK, Dharma Wanita, Kepala desa, politisi Sumut Samsul Qomar, Sekretaris KNPI Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu mengatakan, dasar Baksos TNI-KB Kes tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan penduduk dan keluarga sebagai dasar program kependudukan dan keluarga berencana, bahkan juga menyangkut pengendalian penduduk.

"Kiranya melalui Baksos TNI-KB Kesehatan ini, pencapaian visi misi bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana daerah dapat terwujud dengan baik,"harap Bupati.

Bupati lanjut meminta seluruh petugas yang terlibat dalam Baksos tersebut harus betul-betul tepat sasaran dalam menyampaikan program KB - Kesehatan dalam sosialisasi ketengah masyarakat.  
 
 Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari dalam sambutannya mengatakan,  dalam kegiatan Baksos TNI bersama Dinas  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Tapanuli Selatan.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi menyukseskan TNI Manunggal KB-Kesehatan ini,"ujarnya. Kepada seluruh Babinsa di 14 Kecamatan di Tapanuli Selatan juga diminta lebih pro aktif hingga di tingkat Desa/Kelurahan.

Azhari berharap  semangat  gotong royong dan sinergi yang dibangun dalam pencanangan Baksos ini akan terwujud "Kampung KB sebagai poros keluarga berkualitas."
 
Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu (kiri) sedang menyerahkan bantuan kepada Koordinator Penyuluh KKBPK pada Pencanangan TNI Manunggal - KB Kesehatan Tapanuli Selatan 2018 (Antaranews sumut/kodir)


Sebelumnya, Pasiter Dim 0212/TS Kapten Inf T.Harahap dalam laporannya, hasil dari pelayanan KB terhadap pasangan usia subur (PUS) diperoleh peserta KB Baru sebanyak pelayanan Implant 27 peserta, pelayanan suntik 430 peserta, pelayanan pil 114 peserta, pelayanan kondom 16 peserta.

Sementara Kadis P2KB Tapanuli Selatan Abdul Saftar Harahap usai acara kepada Antara, mengatakan, bahwasanya program TNI Manunggal KB-Kesehatan yang bekerjasama dengan pihaknya akan bekerja maksimal dilapangan hingga Oktober mendatang sebagaimana yang diharapkan Bupati  dan Dandim tersebut.

Dalam pencanangan TNI Manunggal KB-Kesehatan ini Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu juga berkesempatan menyerahkan bantuan berupa Obgyn Bed keada lima Kepala Puskesmas, yaitu Puskesmas Pintu Padang, Batu Horpak, Simarpinggan, Marancar Udik, dan Puskesmas Danau Marsabut.

Selanjutnya Bupati menyerahkan Kie Kit kepada tiga koordinator penyuluh KKBPK Kecamatan Angkola Sangkunur, Kecamatan Muara Batangtoru dan Kecamatan Batangtoru.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018