Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Patogar Siregar Tapanuli Bagian Selatan menggelar lomba 'Tor-tor' adat Tapanuli Selatan di Kolam Renang Kaisar Desa Poken Jior Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan.

Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar juga Ketua Harian Patogar Siregar se-Tabagsel, di dalam sambutanya mengatakan, lomba tor-tor untuk Naposo Nauli Bulung (NNB) tersebut dalam dalam rangka Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018.

Menurut Aswin, kegiatan tor-tor dua hari Sabtu - Minggu (25 - 26/08/2018) seperti ini harus dilestarikan, dengan harapan para  NNB atau muda mudi daerah tersebut memahami nilai-nilai luhur kebudayaan daerah yang sudah sejak dulu.

Selain itu kegiatan bertujuan untuk menumbuhkembangkan kearifan lokal, meningkatkan silaturrahmi, juga upaya menghambat lajunya arus budaya luar yang masuk ke daerah ini.

"Keberadaan NNB selaku pagar ni huta (bagian masyarakat yang bertanggungjawab terhadap kondisi daerahnya atau desanya) sangat penting dalam mengisi dan mendukung program pembangunan Pemerintah secara berkesinambungan,"ujarnya.

Lebih jauh Wakil Bupati berharap dari kegiatan ini akan tumbuh semangat juang, jiwa kebangsaan, jiwa nasionalisme dan jiwa patriotisme pada NNB daerah tersebut.

Pengurus Patogar yang hadir diacara lomba memeperbutkan piala dan uang pembinaan tersebut diantaranya Wadir Binmas Poldasu AKBP Parluatan Siregar juga selaku Ketua Umum Patogar Siregar se-Tabagsel.

Kemudian, Sekretaris Partai PKS Provinsi Sumatera Utara Abdul Rahim Siregar, Wakil Wali Kota Padangsidimpuan terpilih Arwin Siregar, unsur Kepolisian Kota Padangsidimpuan, Raja Luat se-Tabagsel, dan undangan lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018