Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan safari Ramadan 1439 Hijriyah/2018 Masehi di Masjid Al-Muksinin lingkungan dua blok B kelurahan Muara Manompas kecamatan Muara Batangtoru daerah itu.

Kunjungan safari ramadan perdana, Minggu malam itu di pimpin langsung Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu. Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan ke seluruh 14 kecamatan se Tapanuli Selatan dua periode Syahruk memimpin daerah itu.

Berjalan seperti biasa dalam kunjungannya bersama rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD tetap diisi acara buka puasa bersama masyarakat dilanjutkan shalat maghrib, makan/shalat isya/tarwih bersama di mesjid itu. 

Salah satu tokoh masyarakat Muara Manompas Parlaungan Sitanggang/Camat Muara Batangtoru Erwanta Siaga senada mengucapkan selamat datang-berterimakasih kepada Bupati Syahrul M. Pasaribu/rombongan yang telah datang berkunjung ke daerah mereka melakukan safari ramadan.

Disitu tim safari ramadan menyalurkan bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tapanuli Selatan kepada 15 orang fakir miskin masingmasing Rp.500 ribu/orang. Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) juga memberikan bingkisan kepada 6 orang lanjut usia. Dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) bingkisan kain sarung kepada 5 orang anak yatim yang seluruh bantuan diserahkan langsung Bupati Syahrul M. Pasaribu.

Baca juga: Bupati Tapsel - ASN buka puasa bersama

Bupati Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya mengajak masyarakat khususnya masyarakat Muara Batangtoru untuk terus menghidupkan hari-hari besar keagamaan, menjaga ukhuwah, kebersamaan, persatuan/kesatuan dalam kerangka kebhinnekaan.

Syahrul juga menyinggung di penghujung Tahun 2018 mhdah-mudahan ruas jalan hotmix ke kelurahan Muara Manompas sudah sampai di bangun. Ia menyadari kalau membangun itu tidak tidak bisa dilakukan/diselesaikan sekaligus mengingat anggaran/luasan daerah. Hanya saja ada skala prioritas serta pemerataan.

Syahrul juga meminta masyarakat agar momentum aksi teroris/aksi radikal seperti di Mako Brimob, peledakan bom Surabaya,  penyerangan aparat kepolisian di markas kepolisian Riau, untuk memperkokoh rasa persaudaraan/menjaga kekompakan antar sesama.

Dia mengatakan perilaku seperti itu bukanlah gambaran ajaran islam, karena islam merupakan agama yang rahmatan lilalamin. Dan indonesia cinta kedamaian. "Saya juga meminta masyarakat untuk tidak cepat terpengaruh terhadap berita hoax (ujaran kebencian). Mari rapatkan barisan/jangan mudah terprovokasi apalagi sampai memecah belah ummat,"harapnya. 

Sementara al ustadz H. Arpan Marwaji Gultom dalam tausiyahnya mengatakan pentingnya menjaga silaturrahim, sebab dengan silaturrahmi dapat memperpanjang umur dan bahkan menghantarkan kita ke syurga, katanya.

Turut dalam kunjungan safari ramadan ini Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Wakil Ketua DPRD Tapsel Naswardi Sihaloho, Anggota DPRD OK Hasmi Siregar,  Sekda Tapsel Parulian Nasution, para asisten, Kadis, Ketua MUI, Kapolsek, Kakan Kemenag, BKMT, LPPU, KONI, tokoh masyarakat, KNPI, Karang Taruna,  Pemuda Pancasila, OKP, Kepala desa,  dan lurah se-kecamatan Muara Batangtoru.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018