Medan  (Antaranews Symut) - Kuota penerimaan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2018 di Universitas Sumatera Utara, hanya mencapai sebanyak 3.374 calon mahasiswa.

Humas Panitia Lokal 14 Medan Elvi Sumanti di Medan, Selasa, mengatakan kuota tersebut, marupakan ketentuan dari Panitia Pusat Seleksai Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Kemenristekdikti.

Sedangkan jumlah pendafar SBMPTN pada Panitia Lokal 14 Medan (USU, Unimed dan UINSU), menurut dia, tercatat mencapai 59.946 orang calon mahasiswa.

"Jumlah peserta SBMPTN tersebut, hingga hari terakhir penutupan pendaftaran secara serentak di seluruh Indonesia, Jumat (27/4) sekira pukul 22.00 WIB," ujar Elvi.

Baca juga: Pendaftar SBMPTN di USU capai 44.926 orang

Ia menyebutkan, dari jumlah 59.946 orang peserta SBMPTM itu, terdiri Saintek (25.997 orang), Soshum (21.401 orang) dan Campuran (11.773 orang).

Pendaftaran secara online peserta SBMPTN dari lulusan SLTA/MA itu, cukup banyak padaa Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan.

Pelaksanaan ujian SBMPTN itu, akan digelar pada Selasa, 8 Mei 2018.

"Panlok 14 Medan, juga telah menentukan sejumlah lokasi tempat ujian bagi peserta SBMPTN," ucapnya.

Elvi juga menghimbau para peserta ujian SBMPTN tersebut, dapat mengecek lokasi ujian, satu hari sebelum pelaksanaan untuk memudahkan dan jangan sampai salah.

"Pengumuman hasil SBMPTN tersebut, akan dilaksanakan pada Selasa, 3 Juli 2018," jelas Elvi yang juga Humas Universitas Sumatera Utara (USU).

USU merupakan tergabung pada Panlok 14 Medan.

Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dilakukan secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat.

Pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN itu, dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018