Gunungsitoli, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menetapkan berbagai program prioritas untuk tahun 2019 yang langsung berkaitan dengan upaya peningkatan kapasitas pemanfaatan sumber daya pembangunan.

Wali Kota Gunungsitoli, Ir.Lakhomizaro Zebua di Gunungsitoli, Kamis, mengatakan, arah kebijakan pembangunan daerah Kota Gunungsitoli tahun 2019, secara umum difokuskan kepada peningkatan kapasitas pemanfaatan sumber daya pembangunan secara efisien dan efektif.

Juga memastikan kesinambungan upaya pembangunan yang telah dilaksanakan dengan sasaran prioritas pembangunan yang telah diarahkan sesuai kebijakan pembangunan tahun 2019 sebagai tahun ketiga dalam RPJMD Kota Gunungsitoli 2016-2021.

Sasaran prioritas tersebut diarahkan kepada pengembangan sistim pendidikan berkualitas, yang terintegrasi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemudian pengembangan kapasitas layanan kesehatan yang terintegrasi, peningkatan nilai tambah produk produk pertanian, perkebunan, peternakan, kelauatan dan perikanan berbasis jasa, perdagangan dan industri.

"Juga pengembangan kapasitas insfrastruktur dan prasarana wilayah serta pengembangan kapasitas tata kelola pemerintahan," katanya.

Ia juga mengakui bahwa secara umum kendala yang ditemui dalam penetapan prioritas program pembangunan adalah tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan yang sangat dinamis.

Baca juga: KPU Gunungsitoli minta warga tidak merusak APK

Untuk itu demi menyingkapi kondisi tersebut, diperlukan penajaman skala prioritas dan perencanaan yang terukur, karena mengingat tuntutan terhadap keadilan dan pemerataan pembangunan merupakan aspek yang wajib diimplementasikan secara arif, proposional dan mengutamakan kepentingan umum.

"Musrenbang tahun ini merupakan forum strategis antar pelaku pembangunan, sehingga kita harapkan bisa menjaga konsistensi usulan prioritas pembangunan sebagaimana telah kita sepakati bersama dalam berbagai forum penjaringan aspirasi masyarakat," katanya.

Pewarta: Irwanto Hulu

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018