Medan, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terus berupaya mendorong kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), mengingat pentingnya peranan usaha rumahan tersebut dalam perekonomian nasional.

"Posisi UMKM sangat penting dalam perekonomian nasional, itulah mengapa kita mendorong UMKM agar bisa terus maju," kata Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Seirampah, Rabu.

Ia mengatakan, UMKM merupakan aspek penting dalam pembangunan ekonomi yang komprehensif, karena sektor UMKM memiliki fungsi vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan, lebih cepat dibandingkan sektor lainnya.

UMKM juga fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan pasang surut dan arah permintaan pasar, tidak hanya itu, UMKM juga cukup terdiversifikasi dan memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan.

Baca juga: Sergai upayakan peningkatan akreditasi puskesmas
Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai bentuk desa prima

"Di Indonesia sendiri, sumber kehidupan banyak bergantung pada sektor UMKM dikarenakan usaha kecil ini banyak terkonsentrasi pada sektor perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, kayu, produk kayu serta produksi mineral non-logam, katanya.

Menurut dia, mengingat pentingnya posisi UMKM dalam perekonomian nasional, hal ini mendorong pemerintah untuk menyiapkan serangkaian kebijakan pengembangan dan peningkatan kinerja UMKM.

Kebijakan telah ditetapkan agar tercipta situasi ekonomi yang kondusif baik dalam kebijakan infrastruktur, keuangan maupun investasi, salah satunya adalah bantuan dan kerja sama Dinas Koperasi dan UKM Sumut dengan Pemkab Serdang Bedagai berupa pembangunan Balai Latihan Produksi dan hibah peralatan aneka mesin pembuatan produk kerajinan tangan.

"Kemudian mesin penghalus garam dan lain-lain yang bertujuan untuk mengembangkan objek pariwisata di Sergai yang dikenal memiliki potensi pariwisata khususnya wisata pantai," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018