Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meresmikan Desa Kuta Baru sebagai Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (PRIMA) Tahun 2018 dalam upaya meberdayakan kalangan perempuan.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Selasa, mengatakan, peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PEP) yang telah diterbitkan tahun 2004 merupakan salah satu prioritas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam upaya meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang ekonomi melalui pembentukan Model Desa PRIMA.

Dalam program tersebut, ibu rumah tangga akan mendapatkan pelatihan keterampilan dan usaha sehingga dapat menjadi penyangga ekonomi keluarga bersama suami.

Baca juga: Aparatur Sergai pakai baju adat Melayu

Ia berharap dengan adanya Desa PRIMA itu, berbagai masalah yang dihadapi masyarakat terutama kaum perempuan dapat teratasi guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender yang dapat memberi manfaat sebesar besarnya bagi kemajuan perempuan di "Tanah Bertua Negeri Beradat" tersebut

" Yang paling utama keberadaan Desa Kuta Baru sebagai Desa Prima itu secara perlahan akan meningkat perekonomian masyarakatnya," katanya.

Sebelumnya Ketua Panitia Irwani Jamilah, dalam laporannya memaparkan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan penanggulangan kemiskinan secara terpadu melalui peningkatan ptofuktivitas ekonomi perempuan serta memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang sesuai dengan potensi yang dimiliki desa melalui akses kelompok perempuan terhadap informasi dan teknologi tepat guna.

"Serta yang paling utama adalah mewujudkan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas perempuan untuk menurunkan? tingkat kemiskinan pada masyarakat desa," katanya.***4***

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018