Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Kurun waktu 6-7 tahun kebelakang sejak 2018 diperkirakan 12 ribu warga Tapanuli Selatan sudah menikmati listrik di daerah itu.

Disela-sela peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) desa Gurahut, Kecamatan Aek Bilah, Minggu sore, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu, mengatakan ke-12 ribu masyarakat yang sudah menikmati listrik itu bersumber energi listrik dari PLTMH-PLTS terpusat di sejumlah kecamatan di daerah itu.

Syahrul menyatakan, sejak dia memimpin dua periode (2010-2015/2016-2021) Tapanuli Selatan sudah 19 unit PLTMH/PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) terpusat terpasang di daerah itu.

Baca juga: Kementerian ESDM harap energi listrik bisa bangkitkan ekonomi
                    Dua dusun Tapsel akan dialiri listrik

"Kapasitas terbesar di Tapsel PLTMH Silangkitang Tambiski di Kecamatan SD.Hole mencapai 53 Kilowatt (53.000 watt) diresmikan Dirjen EBTKE Kementerian ESDM RI,"sebutnya. Sedang PLTMH Gurahut dengan tiga dusun (Gunting Pege, Ramba Padang dan Huta Tonga) yang di resmikan itu berkapasias sekitar 22 Kw (22.000 watt),"ujarnya.

Daya listrik PLTMH Gurahut yang dalam peresmiannya Bupati Syahrul bersama Ketua Ketua Komisi VII DPRD-RI Gus Irawan Pasaribu/Kementerian ESDM diwakili pihak Dinas ESDM Provinsi Sumut Paulus Rajagukguk diperuntukkan 122 kepala keluarga di dusun Gunting Pege/dusun Huta Tonga. Sedang dusun Ramba Padang sudah lebih dahulu menikmati PLTMH.

Sebagai wujud syukur terbangunnya PLTH itu Bupati meminta agar masyarakat khususnya desa Gurahut untuk tetap menjaga ekosistem sekitarnya.

"Tolong hutan sebagai penyangga air di sekitar ini dijaga atau jangan ditebang karena air penting sebagai sumber utama PLTMH. Agar awet dan tahan lama juga tolong rawat asset PLTMH ini dengan baik apalagi asset ini sudah milik masyarakat,"imbau Syahrul.

Sementara mewakili Dinas ESDM Provinsi Sumut Pulus Rajagukguk, mengatakan salut atas tingginya partisipasi masyarakat Tapanuli Selatan dalam mendukung program pembangunan di daerah itu.

"Dari banyak daerah yang dimasuki program seperti ini baru kali ini saya melihat tingginya partisipasi masyarakat dalam mendorong dan mendukung serta mau bergotong royong demi percepatan pembangunan PLTMH,"tuturnya.

Sementara Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu dan Tokoh Masyarakat desa Gurahut Sutan Habonaran Siregar senada mengcapkan terimakasih banyak kepada Pemkab (Bupati) Tapanuli Selatan yang begitu peduli terhadap rakyat dan pembangunan daerah itu.

Lebih jauh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu sarankan ke pemerintahan desa untuk secepatnya menyusun sistem organisasi desa untuk  mengelola PLTMH sebagai embrio BUMDES dengan baik.

Sebelumnya rombongan Bupati Tapsel syahrul M.Pasaribu, Ketua TP.PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M.Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan, ESDM Provinsi Sumut Paulus Rajagukguk disambut antusias ratusan warga dengan acara adat gondang dan mangulosi, sebagai ungkapan rasa syukur warga berdirinya PLTMH dari program ESDM Provsu 2017 di desa itu.

Hadir juga Forkopimcam, DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan Husin Sogot Simatupang, Sawal Pane, Kadis Perindustrian Tapsel Helmi, tokoh adat, tokoh agama, Karang Taruna, BKMT, PKK, pejabat jajaran Pemkab Tapsel dan naposo nauli bulung daerah itu. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018