Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut Sumut) - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap kehadiran energi listrik bisa dioptimalkan untuk mendorong/membangkitkan perekonomian masyarakat.

Harapan sebagaimana Dirjen Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi Rida Mulyana uatarakan usai menyerahterimakan PLTMH Silangkitang Tambiski berkapasitas 35 Kilowatt (35 watt) kepada Pemkab Tapanuli Selatan, Sabtu malam.

"Saatnya bagaimana ketersediaan energi listrik sudah menjadi peluang dan bukan hanya sebatas pemanfaatan untuk konsumsi,"katanya.

Peluang ekonomi itu juga katanya terdapat pada energi listrik yang dihasilkan PLTM Silangkitang Tambiski yang berada di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Mumpung pak Gus Irawan, Ketua Komisi VII DPR-RI ada sama kita coba tanyakan apa komitmennya," ujar Rida Mulyana mengarahkan Antara bertanya.

 Balik Gus Irawan saat dimintai komitmennya mengatakan berjanji akan melobi teknologi tepat guna dengan mitra kerja komisi VII DPR-RI di pusat apa yang bisa diberikan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat Tapanuli Selatan termasuk Silangkitang Tambiski.

"Sehingga dengan keberadaan surplus listrik dimiliki PLTMH Silangkitang Tambiski akan berguna untuk usaha kecil menengah semacam industri rumah tangga nantinya," kata Gus Irawan.

Sementara Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu juga selalu mendorong masyarakatnya di 14 kecamatan se-Tapanuli Selatan yang sudah menikmati listrik baik itu PLN, PLTMH maupun PLTS terpusat untuk bisa berinovasi merubah energi listrik menjadi potensi ekonomi.

"Pemkab Tapanuli Selatan selalu mendorong rakyatnya untuk melakukan inovasi baru dengan memanfaatakan listrik menjadi nilai ekonomis buat warga dan rumah tangganya,"pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018