Medan, 31/12 (Antarasumut) - Pernyataan Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi yang dikutip media massa selama 2016 berada di urutan kelima terbanyak dengan jumlah berita atau judul sebanyak 12.823 berita.

"Sebagai gubernur, saya bangga karena masuk dalam lima besar dalam pernyataan yang banyak dikutip media massa. Saya berterima kasih kepada wartawan dan media serta humas," kata Gubernur Sumut HT Erry Nuradi di Medan, Sabtu.

Dia mengatakan itu pada acara Refleksi Akhir Tahun bersama wartawan dengan dipandu Kepala Dinas Kominfo Sumut HM Fitriyus.

Gubernur menyebutkan, hasil riset yang dilakukan dan diungkapkan Indonesia Indicator, sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence), urutan pertama pernyataan yang banyak dikutip adalah Gubernur DKI yang sekarang nonaktif yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dari total pemberitaan 6.874.628 judul pada 1.443 media online selama 1 Januari hingga 5 Desember 2016, Gubernur (nonaktif) DKI Jakarta itu diekspose media sebanyak 278.052 berita.

Urutan kedua sebagai "Top Influencer " atau figur yang memiliki jumlah pernyataan paling banyak dikutip oleh media adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan 15.803 pemberitaan.

Kemudian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 15.142 pemberitaan serta Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo 14.177 pemberitaan.

"Ke depannya diharapkan hubungan baik Pemprov Sumut dengan media massa semakin membaik untuk kemajuan Sumut," katanya.

HT Erry menegaskan, kekompakan antarvwartawan dan media massa dengan Pemprov Sumut serta antarvbupati dan wali kota bersama Pemprov Sumut sangat penting dalam mendorong kemajuan Sumut dan masyarakatnya.

"Kalau kita kompak, maka pemerintah pusat akan menjadikan kekompakan itu menjadi salah satu faktor pendukung kuat untuk mendukung pembangunan Sumut dengan membantu membangun berbagai proyek khususnya infrastruktur sebagai penggerak ekonomi," katanya.

HT Erry Nuradi menambahkan, perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap Sumut dalam beberapa tahun terakhir ini semakin tinggi dan nyata dengan banyaknya proyek infratstruktur yang besar di Sumut seperti jalan tol, bandara, pelabuhan laut, kawasan industri, energi, dan pariwisata.

Di pariwisata misalnya, Danau Toba dijadikan satu dari 10 destinasi utama pariwisata Indonesia yang membuat kedatangan wisatawan semakin banyak ke kawasan itu dan daerah itu terus mendapat pembenahan.

Kepala Dinas Kominfo Sumut HM Fitriyus menyebutkan, pihaknya terus berupaya menjalin kerja sama yang baik dengan media massa dan wartawan dengan memberi informasi secara lebih terbuka tentang pembangunan dan lainnya yang dilakukan Pemprov Sumut.

"Kerja sama yang baik sudah semakin terlihat dari pemberitaan yang positif dan berimbang dan diharapkan tahun 2017 akan semakin bagus untuk pembentukan opini baik sehingga semua kalangan ikut berperan aktif dalam mendorong pembangunan Sumut," katanya. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016