Medan, 11/10 (Antara) - Universitas Sumatera Utara memberangkatkan Dean Pinta Uli Siringoringo, mahasiswa penyandang disabilitas untuk mengikuti kegiatan olah raga Pekan Paralympic Nasional XV di Provinsi Jawa Barat.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap kepercayaan yang telah diperoleh mahasiswa tersebut.


"Kami mengucapkan terima kasih bahwa mahasiswa USU telah mendapatkan kepercayaan, karena hal ini salah satu penilaian yang penting dari peningkatan akreditasi," ujarnya.


Selain itu, menurut dia, di program studi mau pun universitas, banyak mahasiswa meraih prestasi dalam berbagai perlombaan tingkat nasional mau pun internasional.


"Jadi dapat dikatakan kalian ini adalah pahlawan untuk memperjuangkan akreditasi USU yang lebih baik lagi kedepan," kata Runtung.


Ia mengatakan, USU juga saat ini tengah merencanakan peningkatan dan mendorong kegiatan-kegiatan mahasiswa.


"Untuk tahun mendatang berupaya meningkatkan anggaran bagi kegiatan mahasiswa USU, juga dengan sarana dan prasarana, sehingga nantinya dapat menjadi promosi USU ke luar," kata Rektor.


Humas USU Bisru Hafi mengatakan, Dean Pinta Uli merupakan mahasiswi FISIP USU angkatan 2015 dan penyandang tuna netra, namun memiliki prestasi gemilang di bidang olah raga cabang renang.


"Dean tahun 2015 pecahkan rekor waktu tercepat atau peraih medali emas dalam nomor 50 meter gaya bebas dengan catatan waktu 45 detik," ujar Bisru.


Sementara itu, Rektor USU juga menerima Fernando Edianto yang merupakan mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi FISIP USU yang berhasil meraih prestasi pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX yang berlangsung baru-baru ini di Jawa Barat.


Pada Cabang Karate, Fernando dari Sumut berhasil meraih medali perunggu setelah bersaing ketat dengan beberapa peserta dari daerah lain.


Dekan FISIP USU Dr Muriyanto Amin mengatakan, Fernando juga pada tahun 2016 meraih medali emas pada ajang Internasional di Thailand Open Bangkok, dan meraih medali perak dalam Kejuaraan Nasional Karate Piala KSAD di Jambi. ***4***


(T.M034/B/I023/I023) 11-10-2016 20:10:26

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016