Langkat, Sumut, 13/5 (Antara) - Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Peternakan setempat bertekad menjadi produsen bibit ternak sapi melalui program inseminasi buatan (IB) yang kini terus dikembangkan.

"Kami bertekad mewujudkan daerah ini sebagai sumber bibit ternak sapi, untuk kawasan Sumatera Utara," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Peternakan Langkat Agustawan Karnajaya di Stabat, Jumat.

Daerah itu berusaha mewujudkan tekad tersebut melalui program 19.820 ekor kelahiran sapi, melalui program Inseminasi Buatan (IB) yang kini terus dikembangkan di daerah itu dan harus tercapai hingga akhir 2016.

Agustawan Karnajaya menjelaskan target Inseminasi Buatan (IB) itu dilakukan dengan memprogramkan sekitar 40.000 target dosis penyuntikan yang dilakukan kepada sapi, lembu yang ada di daerah itu.

"Berbagai kecamatan sudah kita programkan untuk mencapai target tersebut di antaranya Stabat, Secaggang, Sawit Seberang, Padang Tualang, Batang Serangan, Pangkalan Susu, Babalan, Gebang, Tanjungpura, Gebang, Pematang Jaya dan Brandan Barat," katanya.

Target kelahiran melalui Inseminasi Buatan (IB) itu meningkat dari tahun 2015, dimana dari 19.015 dosis yang disuntikkan kepada sapi yang lahir mencapai 16.666 ekor.

"Jadi ada pertumbuhan untuk tahun 2016 dari target sebelumnya sekitar 3.154 ekor dan itu sungguh sangat besar bagi perkembangan dan kelahiran hewan terutama sapi," katanya.

Menurut dia, bila itu terwujud, Kabupaten Langkat akan menjadi sumber bibit ternak sapi untuk wilayah Sumatera Utara. "Itu merupakan tujuan kita sehingga program IB ini terus kita gaungkan kepada para peternak maupun kelompok yang ada," katanya.

Namun demikian Agustawan juga berharap selain dukungan dari peternak, kelompok ternak, tentu juga dukungan dari pemerintah berupa berbagai sarana dan prasarana buat para petugas dilapangan, sehingga mereka terus bisa memaksimalkan hasil.

"Apalagi nantinya saat Idul Adha tiba, tentu kebutuhan sapi akan semakin meningkat dari berbagai kabupaten maupun kota yang ada di Sumatera Utara ini," ungkapnya.

Ia menyebutkan hingga sekarang ini peternak asal Langkat merupakan pemasok sapi terbesar untuk daerah lain saat Idul Adha tiba. 

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016