Selasa, 17 Oktober 2017

Walikota Dukung Pilkada Bersih, Aman dan Jurdil

| 200 Views
id Walikota, Dukung Pilkada Bersih, Aman dan Jurdil
Walikota Dukung Pilkada Bersih, Aman dan Jurdil
Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, S.STP, MSi saat memberikan keterangan kepada wartawan. (antarasumut/Khairul Arief)
Tugas Panwaslu sangat penting dan strategis yang tujuannya adalah untuk Pemilu yang bersih, aman, Juju dan adil
Padangsidimpuan, 12/10 (Antarasumut)- Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap siap memberikan dukungan pelaksanaan Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan tahun 2018 yang bersih, adil dan jujur.

"Saya akan memberi dukungan penuh Pilkada Kota Padangsidimpuan yang bersih, jujur dan adil," katanya, Kamis.

Ia mengatakan Panwaslu memiliki peran dan posisi yang strategis. 

Pelantikan Panwas Pemilu Pilkada, beberapa hari lalu merupakan legalitas perangkat pengawas dalam Pemilihan Umum yang serentak di laksanakan di seluruh Indonesia.

Yang mana salah satu tugas Panwaslu adalah mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan agar berjalan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dengan terbentuknya dan sudah dilantiknya Panwaslu Kecamatan, nantinya akan bertugas mengawasi tahapan-tahapan Pemilu di masing-masing Kecamatan dan pelantikan Panwas Kecamatan ini merupakan rangkaian persiapan dari Pemilu Pilkada bulan Juni 2018 nanti, ujar Walikota.

Walikota juga mengharapkan kepada Panwaslu Kecamatan yang telah di lantik di tuntut untuk memiliki integritas pribadi yang handal, memiliki komitmen tangguh dalam menjalankan tugas profesional dan membangun kordinasi serta bersinergi dengan lembaga lainnya.

Tugas Panwaslu sangat penting dan strategis yang tujuannya adalah untuk Pemilu yang bersih, aman, Juju dan adil. 

Kiranya Panwascam yang baru dilantik tersebut dapat berkoordinasi dengan pihak pemerintahan Kecamatan dan desa dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu dan selamat saya ucapkan bagi anggota Panwascam yang telah dilantik untuk bekerja menyukseskan Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan 2018 mendatang.

Lebih lanjut Walikota menyatakan, Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan serentak Tahun 2018 diharapkan bisa berjalan dengan damai, aman dan kondusif.

Agar bisa berjalan sukses tanpa ekses tentunya harus didukung oleh semua pihak, tidak terkecuali dengan petugas yang berada di lapangan sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang akan mempergunakan hak politiknya, ucap Walikota

Secara terpisah, Ketua Panwaslu Kota Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap, SE menegaskan bahwasanya tugas dan tanggung jawab serta amanah sudah menanti kita bersama, dalam penyelenggaraan Pilgubsu dan Pilkada Kota Padangsidimpuan tahun 2018.

Amanah untuk menciptakan kualitas Pemilukada yang berkualitas menjadi tujuan kita bersama dengan penyelenggaraan Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya, ujar Syafri.

Syafri berharap jajaran Panwascam agar tetap menjaga integritas dalam bertugas dan menjalankan amanah dengan sebaik-baik nya, mengingat tugas sebagai pengawas cukup berat. Setiap tahapan Pemilu harus terlaksana sesuai aturan dan Panwaslu harus independen dan mandiri.

Menurut Syafri, sumpah dan janji yang diucapkan para anggota Panwaslu Kecamatan bukan sembarang sumpah, bukan sumpah palsu tapi benar-benar sumpah, janji kepada Allah SWT yang tidak hanya diucapkan tapi juga dihayati dan diamalkan.

Pengawas bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, menegakkan demokrasi dari, oleh dan untuk rakyat. Bersama rakyat kita awasi Pemilu, bersama Bawaslu kita tegakkan keadilan, tegasnya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017