Ruas jalan lintas tengah Sumatera di Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, kini di ujicoba untuk dilintasi kendaraan bermesin.

"Ini masih uji coba. Itu pun khusus kendaraan roda dua dan roda empat," Manaek Manalu, Kepala Satuan Kerja Pelayanan Jalan Nasional Wilayah 2 (PJNW), PPK 2.2 Tarutung-Padangsidimpuan kepada ANTARA, Senin.

Ia berharap ujicoba perlintasan ruas jalan nasional Batu Jomba ini berjalan lancar. Sekaligus pihak Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut ingin mengetahui hasil dari ujicoba.

Sementara Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tapsel, AKP Dahnil Saragih, mengatakan pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan koordinasi terkait ujicoba bagi kendaraan melintas Jalinsum Batu Jomba.

Baca juga: Senin, Jalinsum Batu Jomba sudah bisa dilintasi, jenis kenderaannya ini

"Di ujicoba dulu seperti yang disampaikan pihak BBPJN. Badan Jalan Batu Jomba mendapat perbaikan pasca putus total pada Kamis malam (10/10/2024) akibat amblas," ungkapnya.

Danil menyatakan pihaknya koordinasi dengan Pemkab Tapsel dihadiri Plt Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, Sekda Tapsel Sofyan Adil, dan pihak BBPJN Sumut.

"Setelah ujicoba. Mobil-mobil pribadi dan sepeda motor dari dua arah Padangsidimpuan - Tarutung, langsung sudah mulai banyak yang melintas dan lancar," sebutnya.

Hanya saja, lanjut Danil, untuk kenderaan bertonase berat atau roda enam ke atas masih di larang melintas terkecuali megambil jalur alternatif.

Lebih jauh Manaek Manalu menyatakan bahwa ruas jalan nasional   di wilayah Aek Latong - Batu Jomba betul-betul rawan longsor diakibatkan posisi ruas jalan pada patahan bumi yang kontur tanahnya kerap turun.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024