Pasca perbaikan, ruas jalan lintas tengah Sumatera tepatnya di Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, besok atau Senin 21 Oktober 2024 sudah mulai bisa dilintasi kendaraan bermesin.

"Hanya saja yang boleh melintas cuma kendaraan roda 2 dan roda empat," Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tapsel AKP Danil Saragih kepada ANTARA di Sipirok, Minggu (20/10) malam.

Sementara untuk kendaraan roda enam ke atas untuk sementara melalui jalur alternatif atau via Sibolga maupun Rantau Prapat. Pihak Lantas Polres Tapsel akan tetap bertugas mengawasi.

"Memang kami menilai kontur tanah Badan Jalan Batu Jomba masih terdapat rawan longsor. Tanahnya labil, apalagi datang hujan," jelasnya.

Dengan kontur tanahnya yang labil, kendaraan berat (roda 6 ke atas) di khawatirkan akan berdampak pada  badan jalan Batu Jomba yang baru mendapat perbaikan.

Pasca amblas beberapa waktu lalu, sejumlah panjang  badan jalan nasional Batu Jomba mendapat perbaikan oleh Balai Besar Perbaikan Badan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara.

Adapun perbaikan ruas jalan Batu Jomba yang sudah sejak lama rusak parah dan mengganggu arus transportasi ini mulai dari pelebaran badan jalan, dan pemadatan dengan berbagai macam material dengan menggunakan berbagai alat berat.

Lebih jauh Kasat Lantas Polres Tapsel mengimbau kepada seluruh pengendara baik roda dua maupun roda empat yang hendak melintasi ruas jalan nasional Batu Jomba agar tetap berhati-hati.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024