Produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) berhasil menembus pasar ekspor kopi berjenis arabika di India.

"Kami bangga dan mendukung UMKM binaan kami yakni Togato Cahaya Gemilang untuk memperluas pasar hingga India," ujar General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto di Medan, Kamis.

Saleh mengatakan UMKM tersebut berhasil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan ITPC Chennai, India, untuk ekspor kopi arabica North Sumatera Grade 1 sebanyak satu kontainer 20 kaki setiap bulan, dengan nilai kontrak mencapai Rp1 miliar selama satu tahun.

Lebih lanjut, kerja sama yang kokoh ini dapat mampu memberikan manfaat nyata kepada mitra binaan dan membantu mereka bersaing di pasar internasional dalam bidang kopi tersebut.

Produk UMKM yang menembus ke India tersebut merupakan bukti nyata nilai AKHLAK, terutama pada aspek kolaboratif dan kompeten yang terus dijalankan.

"PLN UID Sumatera Utara melalui Rumah BUMN Sibolga tidak hanya memberikan pelatihan dan pendampingan, tetapi juga membantu akses ke pasar internasional," kata Saleh.

Menurut dia, ekspor kopi ini adalah langkah besar PLN UID Sumatera Utara yang diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas serta kapasitas produksi.

"PLN UID Sumatera Utara menegaskan komitmennya untuk terus mendukung UMKM lokal agar berkembang secara berkelanjutan, tidak hanya di tingkat domestik tetapi juga di pasar internasional," kata Saleh.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian Sumatera Utara dan Indonesia secara keseluruhan.

"Kopi arabika dari Sumatera Utara dikenal karena cita rasanya yang khas dan menjadi favorit di kalangan konsumen global," kata saleh.





 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024