Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Sumut) Armand Effendi menyebut capaian peringkat empat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 membuktikan atlet di wilayah ini mampu bersaing di kancah nasional.

"Posisi keempat itu sangat luar biasa. Capaian ini membuat Sumut sebagai kontingen yang bisa bersaing dengan jawara-jawara PON lainnya," ujar Armand Effendi pada Pembubaran Kontingen PON XXI Sumut, di Medan, Senin.

Menurutnya, capaian tersebut juga membuat marwah provinsi ini semakin meningkat, khususnya di cabang olahraga.

"Posisi keempat itu sangat luar biasa, karena sangat sulit menggeser tiga  tim unggulan, Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta," kata dia.

Untuk itu pihaknya bangga dengan kerja keras dan perjuangan para atlet yang selama ini dilakukan.

Ia menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berkomitmen terus mendukung perkembangan olahraga, sehingga semakin banyak atlet yang membanggakan nama daerah maupun negara.

"Kalian semua kebanggaan masyarakat Sumut, pahlawan Sumut, kita sudah membuat mimpi kita menjadi kenyataan," ujarnya.

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam kesempatan yang sama menyebut prestasi atlet di wilayah ini meningkat mengingat ada delapan cabang olahraga keluar sebagai runner up dan sembilan cabang olahraga di posisi ketiga.

"Prestasi ini menandakan atlet kita bisa disandingkan dengan atlet elit nasional, kita tidak kalah dominan di beberapa cabor," kata dia.

Pada PON 2024 Sumut meraih 254 medali yang terdiri dari 79 emas, 59 perak, dan 116 perunggu. Sedangkan Kontingen Jawa Barat keluar menjadi juara umum dengan mengumpulkan 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu.

Lalu posisi kedua diduduki DKI Jakarta dengan 184 emas, 150 perak, 145 perunggu. Kketiga diraih Jawa Timur dengan 146 emas, 136 perak, dan 143 perunggu.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024