Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Ilyas Sitorus mengatakan kontingen Sumut yang meraih peringkat lima di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah, dinilai telah mengharumkan nama daerah.

Ilyas Sitorus menyampaikan itu saat menyambut kedatangan seluruh atlet Sumut Peparnas 2024 di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Senin.

“Kami Pemprov Sumut bangga, dan senang, kontingen Sumut berada di peringkat lima, atas nama Pemprov Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah mengharumkan nama Sumut," ujar Ilyas Sitorus.

Dia menyebut keberhasilan atlet-atlet kebanggaan Sumut itu buah kerja keras yang selama ini dilakukan demi mengharumkan nama daerah.

Ilyas mengatakan pada ajang olahraga nasional tersebut, kontingen Sumut memberangkatkan 164 orang yang terdiri dari 99 atlet, 34 pelatih dan 30 ofisial dan 1 ketua kontingen yang mengikuti 14 cabang olahraga.

Dengan kekuatan tersebut, lanjut dia, Sumut berhasil meraih 73 medali yang terdiri dari 28 medali emas, 26 perak dan 19 perunggu.

“Perolehan emas pun meningkat, kita sangat mengapresiasi dedikasi para pejuang daerah ini. Kita harapkan prestasi anak-anak kita terus meningkat,," kata dia.

Atas raihan tersebut, Ilyas menegaskan bahwa pemerintah provinsi setempat berkomitmen akan terus mendukung perkembangan olahraga sehingga semakin banyak atlet yang membanggakan nama daerah maupun negara.

“Penting bagi kita untuk mengingat bahwa prestasi ini bukan hanya hasil dari kerja keras atlet, tetapi juga dukungan dari keluarga, pelatih, dan masyarakat. Dengan sikap positif dan semangat persatuan, kita akan terus mendukung perkembangan olahraga di sumatera utara," sebut dia.

Peparnas 2024, yang berlangsung pada 6-13 Oktober dan bertema "Bedo Nanging Digdoyo" atau "Berbeda Tetapi Digdaya", diikuti lebih dari 4.500 atlet dan ofisial dari 35 provinsi.

Tuan rumah Jawa Tengah menjadi juara umum setelah mengumpulkan 406 medali yang terdiri dari 161 emas, 121 perak dan 124 perunggu.

Jawa Barat mengamankan peringkat kedua usai total meraih 354 medali yang terdiri dari 120 emas, 116 perak, dan 118 perunggu.

Kemudian di posisi ketiga ada kontingen dari DKI Jakarta yang total mengemas 104 medali dengan rincian 39 medali emas, 29 perak, dan 36 perunggu.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024