Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) meningkatkan pengamanan pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Kantor Pemilihan Umum (Pemilu) setempat.

"Penjagaan juga dilakukan di Kantor Badan Pengawas Pemilu Sumut selama 24 jam dengan sistem bergilir," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Sonny W Siregar di Medan, Selasa.

Sonny mengatakan peningkatan penjagaan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman agar terhindar dari potensi ancaman yang dapat terjadi selama masa kampanye hingga pemungutan suara.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bahwa fokus pengamanan ini adalah mencegah adanya tindakan provokatif serta menjaga ketertiban di sekitar lokasi, terutama saat masyarakat mulai antusias terlibat dalam proses demokrasi. 

“Kami siap siaga untuk memastikan semua tahapan pilkada ini berlangsung tanpa kendala,” kata Sonny.

Tidak hanya pengamanan yang dilakukan oleh personel dari Direktorat Samapta Polda Sumut saja, menurutnya, personel dari Direktorat Reserse Kriminal Umum juga melakukan pemantauan dan investigasi secara menyeluruh. 

Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada potensi pidana seperti, kecurangan atau pelanggaran hukum selama masa pemilihan berlangsung, kata dia.

Di sisi lain, Polda Sumut juga melakukan pengamanan maksimal kepada pasangan calon sebagai memberikan rasa aman dan nyaman pada tahapan kampanye. 

Dalam pengamanan pilkada, Polda Sumut dan jajaran mengerahkan sebanyak 12.514 personel dalam Operasi Mantap Praja Toba 2024. Pengamanan ini juga melibatkan dari berbagai instansi yakni TNI, perlindungan masyarakat (Linmas) dan unsur lainnya sebanyak 52.178 personel.

"Operasi ini terdiri dari 3.160 personel dari Polda Sumut, dan selebihnya dari polres jajaran," ujar Whisnu.

Sebelumnya, KPU menetapkan jadwal dan lokasi kampanye rapat umum calon gubernur dan wakil gubernur wilayah setempat pada pemilihan pilkada ini.

Komisioner KPU Sumut Divisi Teknis Penyelenggaraan Raja Ahab Damanik mengatakan pasangan calon (paslon) nomor urut satu (1), Bobby Nasution-Surya akan melaksanakan kampanye rapat umum di Kabupaten Asahan yang berlangsung 16 November 2024 dan Kota Medan pada 23 November 2024.

"Di Kabupaten Asahan ada beberapa titik yang jadi tempat kampanye pasangan nomor urut satu. Begitu juga di Kota Medan yang menggunakan beberapa wilayah untuk kampanye," kata dia.

Sedangkan, lokasi kampanye rapat umum pasangan nomor urut dua (2), Edy Rahmayadi-Hasan Basri digelar di Kota Padangsidimpuan atau Kabupaten Labuhanbatu yang dijadwalkan pada 9 November 2024.

"Kemungkinan dua kabupaten/kota tersebut, namun tergantung pasangan nomor urut dua akan melakukan kampanye-nya di mana," sebut dia.

Pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri juga dijadwalkan akan menggelar kampanye rapat umum di Kabupaten Deli Serdang pada 23 November 2024.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024