Komisi Pemilihan Umum(KPU)  Provinsi Sumatera Utara(Sumut)  memastikan pendistribusian logistik tahap satu pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024  berjalan sesuai aturan.

Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Sumut Robby Effendy di Medan, Kamis mengatakan pendistribusian logistik tahap satu ke 33 kabupaten/kota sudah dikoordinasikan dengan pemangku kebijakan terkait.

"Logistik yang didistribusikan itu berupa  kabel ties, segel, tinta, bilik dan kotak. Pendistribusian itu sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait," ujar Robby Effendy..

Robby merinci logistik seperti kabel ties dan segel telah didistribusikan 100 persen ke 33 kabupaten/kota. Sedangkan tinta, bilik dan kotak suara sudah terdistribusi tetapi baru 80 persen lebih.

"Hingga 1 Oktober 2024 kabel ties dan segel sudah 100 persen tiba di 33 kabupaten/kota. Untuk tinta sudah 87 persen, bilik suara 81 persen dan kotak suara 82 persen," kata dia.

Terkait kertas suara, mantan komisioner KPU Binjai ini menjelaskan, akan dilakukan pada pendistribusian tahap kedua yang segara dirampungkan oleh KPU Sumut.

Dia menjelaskan kertas suara yang dicetak akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen untuk cadangan.

Saat ini, dia mengaku bahwa KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota tengah melakukan proses terhadap pendistribusian logistik tahap kedua tersebut.

"Logistik tahap dua masih proses, belum dicetak juga. Sekarang semua KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota sedang kontak dengan Jakarta ," jelas dia.

Pada Pilkada 2024. KPU Sumut telah menetapkan daftar pemilih tetap untuk Pilkada 2024 di wilayah ini sebanyak 10.771.496 pemilih.

Masyarakat yang akan menggunakan hak suara itu terdiri 5.302.691 pemilih laki-laki dan 5.568.815 pemilih perempuan  tersebar di 455 kelurahan dan 6.110 desa.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024