Tampil membawakan cerita rakyat dari Sumatera Utara, "Legenda Danau Toba",Kreyya, Mahasiswa  UMSU asal Kamboja sekaligus pemelajar Bahasa Indonesia  bagi Penutur Asing (BIPA), berhasil meraih juara II bercerita dalam ajang Internasional Festival Handai Indonesia (FHI) 2024. 

Kreyya yang berkuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini tampil memukau di ajang yang diikuti 580 peserta dari 48 negara.. Festival  ini merupakan salah satu ajang terbesar untuk  menguji kemampuan berbahasa dan bercerita dalam bahasa Indonesia di tingkat Internasional.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Badan Bahasa Kemenristekdikti, Prof. E. Aminuddin Azis, M.A., P. Hd. Dan Kepala pusat penguatan dan pemberdayaan Bahasa Kemenristekdikti Dr. Iwa Lukmana M.A. pada Jum’at (30/8) di Bali.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengucap syukur dan merasa bangga dengan pencapaian prestasi yang diraih mahasiswa asal Kamboja tersebut.

“Alhamdulillah, ini sangat membanggakan, mahasiswi asing kita asal Kamboja mendapatkan juara II lomba tingkat Internasional. Harus diapresiasi,” ujarnya

Dia berharap ke depannya, mahasiswa internasional di UMSU bersama Lembaga Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) dapat mengukir berbagai prestasi yang membanggakan.

Sementara itu, Kreyya menyatakan rasa bahagianya setelah latihan selama tiga bulan dan akhirnya berhasil meraih penghargaan.

 "Terima kasih UMSU, Saya sangat senang dan bangga. Sejak awal, saya telah mempersiapkan diri melalui pelatihan intensif bersama lembaga BIPA UMSU. Saya yakin dan percaya diri saat tampil, dan alhamdulillah, usaha keras saya terbayar dengan meraih juara dua di festival tingkat internasional ini," ujar Kreyya penuh semangat.

Prestasi Kreyya juga disambut dengan bangga oleh pihak Lembaga BIPA UMSU, “Kami sangat bangga karena usaha kami tidak sia-sia. Sejak awal, memenangkan ajang Festival Handai Indonesia 2024 telah menjadi target kami, agar pemelajar BIPA UMSU dapat mengukir prestasi di ajang dunia,” ungkap Ketua lembaga BIPA Dr. Cut Novita Srikandi, M. Hum

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi lebih banyak warga negara asing khususnya pemelajar BIPA UMSU untuk belajar bahasa Indonesia, "Melalui kemenangan Dani, kami berharap Lembaga BIPA UMSU semakin mendunia dan terus mengharumkan nama UMSU dengan prestasi," tambah Ketua BIPA UMSU.

Selain Kreyya, terdapat dua mahasiswa  internasional dari UMSU lainnya yang lolos mengikuti lomba ini yakni Ahmath Rasitin dan Hgoli Amira asal Kamboja. Mereka mengikuti perlombaan selama satu Minggu. 25-31 Agustus di Bali. Didampingi oleh Ketua lembaga BIPA UMSU Dr. Cut Novita Srikandi, M. Hum dan Sekretaris BIPA UMSU Dr. Tengku Winona Emelia, M.Hum

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024