Perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi, Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) menjalankan program Local Business Development (LBD) untuk membantu pengembangan usaha masyarakat yang ada dikawasan project panas bumi perusahaan, yakni dengan mengoptimalkan keterlibatan masyarakat lokal dalam kegiatan operasi perusahaan. 

Kepala Teknik Panas Bumi PT SMGP, Ali Sahid kepada wartawan, Selasa (20/8) menyampaikan, pemberdayaan dan pembinaan LBD ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan masyarakat lokal dalam kegiatan operasi PT SMGP sehingga terjalin kerja sama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak sehingga dapat meningkatkan potensi bisnis perusahaan lokal melalui program kemitraan, pembukaan lapangan kerja dan akses bisnis, serta pengembangan usaha kecil menengah (UKM) lokal.

Disampaikannya, program ini merupakan impelementasi peraturan menteri ESDM nomor 33 tahun 2021, yang mana program ini tujuannya membuka peluang usaha bagi pengusaha lokal sehingga mereka dapat berkembang yang tentunya dalam pembinaan PT SMGP. 

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari program ini, seperti penyerapan tenaga kerja lokal dan keuntungan dari pajak yang disumbangkan ke kas daerah. Penyerapan tenaga kerja lokal ini akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat lokal.

"Kalau selama ini perusahaan dari luar daerah yang bekerja, tentunya akan menyumbang penghasilan atau pajak ke daerah asal perusahaannya. Nah, melalui program LBD ini pajak tersebut akan masuk ke kas daerah melalui perusahaan lokal yang kita libatkan dan kita bina," katanya.

Koordinator Community Development PT SMGP, Ngalim menyebutkan, ada beberapa perusahaan lokal yang diberdayakan dalam project panas bumi PT SMGP, seperti PT Alvin Jaya Construction and Supplier (PT AJC).

Perusahaan yang beralamat di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi ini sendiri bergerak dibidang general service / cutting grees/ Maintenance. Sedangkan jumlah karyawannya adalah 12 orang masyarakat lokal. 

Kemudian, PT Berkat Titipan Ilahi (PT BTI) yang bergerak di bidang transportasi. Perusahaan ini beralamat di Desa Hutanamale, Kecamatan Puncak Sorik Marapi. PT BTI saat ini mempekerjakan 54 orang karyawan dari masyarakat lokal.

"Selain BTI dan AJC, ada juga perusahaan LBD lainnya seperti PT Gumbot bergerak di bidang konstruksi, PT Jaya Nai Mon bergerak di bidang pengelolaan lingkungan, dan CV Puncak bergerak di bidang logistik. Semuanya perusahaan lokal dan karyawannya juga masyarakat lokal," sebut Ngalim.

Sementara itu, Direktur PT AJC, Roslan mengungkapkan dengan adanya program LBD ini dapat mewujudkan keinginan bersinergi dan bekerja sama dalam project panasbumi sebagai energi yang ramah lingkungan.

Dijelaskannya, proses LBD ini diikuti seiring adanya kesempatan untuk bidding, yang sebelumnya pengusaha lokal telah mempersiapkan diri dengan matang dengan banyak belajar pada perusahaan kontraktor pendatang dari luar daerah. 

"Dengan berbekal pengalaman kami sebelumnya dari perusahaan berbasis CV menjadi PT kami mengikuti bidding sesuai dengan nilai tawar yang kami ajukan dan Alhamdulillah kami di beri kesempatan," ucapnya 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024